Bupati Trenggalek Tegaskan  Festival Paralayang Nasional Bangkitkan Perekonomian

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek,Jawa Timur H Mochamad Nur Arifin menegaskan destinasi wisata adrenalin yakni Paralayang di daerah penghasil ‘Tempe Kripik’ ini akan terus dikembangkan.

Sebab destinasi yang tergolong langka di Indonesia ini sekaligus mampu membuka daerah yang selama ini terisolasi seperti membuka lahan perekonimian baru bagi warga sekitar utamanya di wilayah Bukit Tunggangan, Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan.

“Festival ini bukan sekedar Paralayang, namun monumen kebangkitan desa-desa di Kabupaten Trenggalek,”ucapnya, usai membuka Festival Paralayang Nasional tahun 2019, Jumat.

Dikatakannya, tonggak sejarah bangkitnya perekonomian desa-desa di Trenggalek akan ditancapkan dalam momentum festival yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Jawa, Bali dan Kalimantan.

“Ini festival yang penting, mengglorifikasi bagaimana desa-desa sudah tumbuh,” katanya.

Ditambahkan olehnya, festival ini secara umum terjadi di Trenggalek, tetapi secara khusus ini adalah kemenangan dari warga-warga desa yang bisa membuat kawasan aerosport di kawasan tebing yang mungkin dulunya dalam tanda kutip tidak bisa dinikmati apa-apa.

“Sekali lagi membuka lahan yang tadinya terisolasi ,” imbuhnya.

Arifin menyebut,ini kerja keras yang cukup luar biasa dan bisa dilihat di sana, sebenarnya aksesnya cukup ekstrim tetapi teman-teman sudah berani membuat festival yang kapasitasnya Nasional yang nanti tahun depan akan dibesarkan eskalasinya.

“Jika tidak dengan kerja keras , tidak mungkin bisa mewujudkan even sekelas ini,”tegasnya.

Sementara, dari informasi yang dihimpun, masyarakat dan pengendara yang melintas di perbatasan jalan Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek ini bisa menikmati parasut-parasut melayang berterbangan.

“Mereka bisa juga merasakan sensasi untuk terbang di udara, karena juga disediakan pilot untuk tandem terbang,”tutur pria suami Novita Handini.

Dengan terselenggaranya even ini, Arifin menyebut banyak pengunjung dari berbagai daerah di sekitar Trenggalek yang ingin menyaksikan langsung even dan tentunya merekapun membelanjakan uangnya kepada pedagang di seputaran lokasi kegiatan.

“Pokoknya ekonomi semakin menggeliat,”pungkas Arifin.(ham)