Bunda PAUD Trenggalek Ingin Bunda PAUD Desa Sebagai Motor Penggerak

Novita Hardini, Bunda PAUD Kab Trenggalek(nomor dua dari kiri)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa diharapkan bisa menjadi motor penggerak masyarakat dalam mendukung program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Demikian disampaikan Novita Hardini, Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Usai melantik Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Bendungan, Rabu.

Keberadaan Bunda PAUD Desa , diharapkan program kepada pendidikan dan kesehatan anak akan lebih maju.

“Peran serta Bunda PAUD semakin terasa di satuan-satuan PAUD di wilayahnya, sehingga Bunda PAUD semakin tahu kebutuhan anak-anak usia dini di wilayahnya,” ucap Novita.

Dikatakannya, Gerakan Nasional PAUD yang dicanangkan sejak tahun 2011 merupakan suatu upaya untuk memobilisasi semua komponen dan sumber daya bangsa dalam rangka percepatan dan perluasan pelaksanaan PAUD yang bermutu.

“Melalui gerakan ini dikukuhkan tokoh-tokoh gerakan di setiap wilayah,”katanya.

Ibu negara menjadi Bunda PAUD nasional, istri gubernur Bunda PAUD provinsi, istri bupati/walikota Bunda PAUD kabupaten/kota, istri camat Bunda PAUD kecamatan dan istri kepala desa/lurah Bunda PAUD desa/kelurahan.

Selanjutnya, Novita juga mengharapkan agar Bunda PAUD desa bisa meningkatkan wawasannya tentang PAUD, sehingga bisa semakin optimal dalam berperan.

“Bangsa ini dikenal dengan karakternya yang perlu dipertahankan, karena banyak negara besar sukses di bidang pendidikan formal namun tidak dibarengi karakter sehingga banyak hal-hal miring yang menyertai seperti radikalisme dan yang lainnya,”tuturnya.

Sementara, Liling Nurkholik, Bunda PAUD Kecamatan Bendungan menjelaskan, tentunya untuk menyiapkan sumberdaya yang mumpuni dan berkarakter perlu ditanamkan sejak dini pada anak usia dini.

“Selama ini saya belum tahu ada Bunda PAUD Desa. Baru ada setelah setelah diinisiasi oleh Bu Novita,” ujar Liling.

Pujian dan apresiatif kepada Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek yang menurutnya mempunyai komitmen tinggi kepada pendidikan karakter.

“Hal ini menunjukkan komitmen yang sangat luar biasa dari beliau untuk menanamkan pendidikan karakter sejak usia dini,”pungkasnya.(ham)