Marsda TNI Nanang Santoso Resmi Jabat Gubernur AAU

Kasau sematkan tanda jabatan kepada Gubernur AAU yang baru
Kasau sematkan tanda jabatan kepada Gubernur AAU yang baru

Marsekal Muda TNI Nanang Santoso resmi menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) menggantikan Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. Serah terima jabatan digelar dalam suatu Upacara di lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Rabu (9/10/2019).

Upacara serah terima jabatan Gubernur AAU yang digelar dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M.

Dalam sambutannya, Kasau mengatakan bahwa dalam menyikapi berbagai ancaman, TNI AU berpedoman pada pemenuhan kekuatan yang mengacu pada Rencana Strategis sesuai postur TNI AU serta penyiapan sumber daya manusia yang profesional dan siap mengawaki berbagai sistem dalam kondisi apapun.

“Hal inilah, yang menjadi kunci utama dalam pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara. Melalui hal ini pulalah, Akademi Angkatan Udara turut memainkan peran krusial dalam menyiapkan generasi penerus pengawal dirgantara”, tambah Kasau.

Lebih dalam dikatakan bahwa Akademi Angkatan Udara dinilai berada pada posisi yang sangat strategis dalam menentukan masa depan TNI Angkatan Udara.

“Selaras dengan hal tersebut, saya berkeyakinan bahwa Gubernur, selaku pimpinan tertinggi Akademi Angkatan Udara, tentunya adalah perwira pilihan yang mampu memberi teladan dan membawa kemajuan bagi lembaga yang kita banggakan ini”, lanjut Kasau.

Selain itu menurut Kasau, membangun sebuah sistem pendidikan yang baik, harus mendapat perhatian yang seimbang dan memiliki nilai yang sama pentingnya dengan mengadakan operasi, latihan, dan pembinaan kesiapan tempur yang dimiliki.

Kemudian, dalam prosesi upacara serah terima jabatan ini, Marsda TNI Nanang Santoso menerima penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan serta menerima penyerahan tongkat komando yang menandai resminya jabatan Gubernur AAU yang akan diemban.

Pimpinan baru Akademi Angkatan Udara ini merupakan salah satu penerbang tempur handal yang dimiliki TNI AU. Tercatat pesawat tempur jenis F-5 Tiger pernah diterbangkannya termasuk berbagai penugasan operasi yang pernah dijalani baik didalam negeri maupun diluar negeri.

Sebelum dilantik Marsda TNI Nanang Santoso menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI. Sedangkan Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M selepas menjabat Gubernur AAU, kini mengemban tugas baru sebagai Komandan Kodiklatau.