Anak Cucu Joko Berek Pertahankan Tradisi ‘Bersih Deso’

SURABAYA – KANALINDONESIA – Tradisi keliling kampung sambil membawa ogoh ogoh dengan berbagai macam konsep dan bentuk yang diprakaryai oleh pemuda setempat.

Haris, pemuda asal  Lidah Kulon RT 03/RW III masih perduli dengan tradisi peninggalan leluhur. Maka itu ia merasa terpanggil untuk melestarikannya.

Aris mengenakan t-shirt hitam

Dirinya yang tergabung dengan karang taruna setempat berinisiatif untuk turut berpartisipasi meramaikan acara bersih deso yang dilangsungkan satu tahun sekali.

Saat media ini menemuinya, Aris mengatakan, kalau dirinya menyayangkan kalau sampai momen satu tahun sekali tersebut dilewatkan begitu saja.

“Saya tidak bisa melewatkan momen tersebut. Selain menjaga tradisi leluhur, disinilah ajang dimana warga untuk menampilkan kreasi mereka,” papar pria berambut gondrong itu, Minggu (13/10/2019).

Masih dikatakan Haris, bahwa kirap keliling kampung, adalah salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap Yang Maha Esa yang mana sudah melimpahkan rachmad dan rejekinya.

“Kalau konsep ogoh ogoh atau patung yang dibuat macamnya banyak dan itu tergantung kemauan dari warganya bentuk apa yang disepakati,”

Dengan dibantu beberapa pemuda setempat Haris pun sepakat membuat patung berbentuk Harimau Sumatra dengan warna kuning dengan motif belang hitam.

Untuk membuat patung Harimau dengan detailnya membutuhkan waktu tiga minggu.

“Kalau proses pembuatan patung sendiri memakan waktu tiga minggu, setiap malam. Dan kami mengerjakannya secara bersama sama alias gotong royong. Ukuran patungnya panjang 5 meter dan tingginya sekitar 1,5 meter,” ujar Aris lagi.

Kartar Lidah Kulon RT 03/RW III

Raja Rimba Juara Satu

Tak sia sia. Tiga minggu membuat boneka raksasa berbentuk harimau, ternyata mendapat juara 1. Tentunya hal tersebut akan menutupi rasa lelah dan pengorbanan yang mereka selama ini.

Hasil tidak akan menghianati proses. Begitulah kira kira apa yang sedang dirasakan Haris dkk karang taruna RT 03/RW III.

Dikatakan Udin, salah satu kerabat Haris. Bahwa patung harimau yang dibuat teman teman karang taruna telah keluar sebagai juara. Bahkan patung harimau tersebut mendapat predikat patung terbaik. “Mas patungnya dapat juara 1,” katanya.

“Wah gak rugi rek arek arek melekan terus wingi,” lanjut Udin seraya memungkasi kabar yang disampaikan media ini.bam