KPK Ajukan Kasasi Atas Putusan Mantan Dirut PLN Sofyan Basir

JAKARTA, KANALINONESIA.COM: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan kasasi atas putusan bebas mantan direktur Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir.

“Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah identifikasi titik-titik lemah di putusan tersebut. KPK berpandangan putusan terhadap Sofyan Basir tersebut bukan bebas murni,” ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah, Minggu (17/11).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah berujar, lembaganya menilai putusan terhadap Sofyan Basir bukan bebas murni. Kata dia, hal itu yang akan dijadikan argumentasi awal pada memori kasasi.

Dikatakan Febri, terdapat cukup banyak fakta sidang di tingkat pertama yang tidak dipertimbangkan majelis hakim.

Ia tidak menyampaikan detail fakta-fakta tersebut. Namun, beberapa waktu lalu Febri mengungkapkan terdapat sejumlah poin krusial dalam putusan bebas Sofyan.

Poin-poin tersebut meliputi pengetahuan Sofyan terkait penerimaan uang dari mantan Wakil Ketua Komisi VII, Eni Maulani Saragih dan perbuatan Sofyan yang dinilai membantu percepatan penandatanganan proyek PLTU Riau-I.

Selain itu, juga soal pencabutan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) oleh Sofyan tanpa adanya tekanan dari penyelidik ataupun penyidik.

“Kami harap, di Mahkamah Agung nanti fakta-fakta tersebut dipertimbangkan secara detail untuk mencari kebenaran materil,” kata Febri. “Jika nanti dipertimbangkan di Mahkamah Agung, kami yakin dakwaan akan terbukti,” sambungnya.