Baznas Kembangkan Metode Kuliah Melalui WhatsApp

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuat terobosan baru dalam mencetak pemimpin masa depan yang tangguh dan Islami yakni dengan mengembangkan metode kuliah.menggunakan layanan WhatsApp atau WA.

Sri Nurhayati selaku Kepala Lembaga.Beasiswa Baznas (LBB) mengatakan kuliah menggunakan media sosial ini sudah berjalan sejak enam bulan lalu yang diikuti oleh lebih dari 1000 mahasiswa tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Kiri-Kanan : Sri Nurhayati selaku Kepala Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) bersama Widyastuti Buenastuti pada acara diskusi Kewirausahaan dan peluncuran buku Berdaya Dari Ruang Maya di Gedung D, Kemendikbud, Jakarta, Rabu (19/02/2020).

“Kuliah melalui WhatsApp adalah upaya pembinaan yang dilakukan Baznas untuk mahasiswa penerima beasiswa Baznas,” ujar Sri di acara diskusi Kewirausahaan dan peluncuran buku Berdaya Dari Ruang Maya di Gedung D, Kemendikbud, Jakarta, Rabu (19/02/2020).

Menurutnya, program ini untuk membidik mahasiswa yang menjadi peserta tidak hanya memperoleh kekayaan ilmu umum, tetapi juga mendapat pengetahuan seputar adab dan akhlak dalam bersosialisasi.

“Kita sedang mengembangkan komunitas belajar online melalui program Kuliah WhatsApp dengan memanfaatkan fitur grup dalam aplikasi tersebut. Program ini berlaku untuk mahasiswa penerima beasiswa cendekia Baznas dan juga mahasiswa umum,” kata Sri sumringah.

“Kami juga menilai, karena setelah mereka mengikuti.metode kelas Kuliah WhatsApp, mereka harus mengikuti evaluasi dalam waktu 5 sampai 10 menit. Jadi dari situ kami menilai bagaimana mereka memahami atau tidak,” tambahnya.

Sementara itu, Widyaretna Buenastuti selaku salah satu mentor metode kuliah melalui WhatsApp, menilai metode ini merupakan sebuah terobosan yang sangat sesuai diterapkan untuk generasi milenial.

“Program ini sudah sewajarnya dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan lain di luar Baznas,” harap Widyaretna..

Ia menjelaskan, ini terobosan yang bagus, sebab informasinya bisa cepat diterima oleh mahasiswa-mahasiswa. “Bagi kami sebagai narasumber juga sangat praktis untuk bisa menyampaikan ilmu-ilmu yang kami punya,” ungkapnya.

Widya mengungkapkan, dengan kecanggihan teknologi dan kecepatan internet di zaman seperti saat ini, maka sudah saatnya memperbarui metode-metode belajar, sehingga kapan pun dan di mana pun bukan lagi halangan untuk belajar.

“Metode kuliah melalui.WhattsApp bagus digunakan, terlebih generasi milenial sekarang suka sekali media sosial termasuk WhattsApp,” tutur Widyaretna. @Rudi