Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar Tulungagung Terjaring Razia Petugas Gabungan

TULUNGAGUNG, KANALINDONESIA.COM: Puluhan pelajar di Tulungagung terjaring razia  Polri, TNI, dan Satpol PP Kabupaten Tulungagung disaat jam aktif sekolah, Kamis (20/02/2020).

Adapun titik razia meliputi sejumlah warung kopi (warkop) yang ada di Kecamatan Boyolangu, Kecamatan Kauman dan Kecamatan Tulungagung. Dipilih lokasi tersebut karena daerah itu selain banyak lembaga sekolah juga ada sejumlah warkop yang disinyalir digunakan para siswa untuk bolos sekolah diwaktu jam pelajaran dimulai.

Sejumlah siswa yang terjaring razia, selain dilakukannya pendataan oleh petugas, juga diberikan sanksi diantaranya menghafalkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta menyebutkan nama – nama pahlawan Indonesia.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia melalui Paur Humas Ipda Anwari mengungkapkan kegiatan razia pelajar ini sebagai bentuk penertiban para pelajar yang membolos di jam pelajaran dimulai. Dari razia ini telah diketemukan 24 siswa bolos sekolah, yang terjaring di tiga tempat.

“Rata – rata mereka (siswa) yang bolos itu duduk dibangku SMP dan SMK, kita dapati mereka nongkrong di warkop pada jam pelajaran sekolah,” ungkap Ipda Anwari ketika dikonfirmasi awak media, Kamis (20/02/2020).

Anwari menuturkan bagi mereka yang terjaring razia telah diberikan penindakan serta pembinaan. Agar mereka tidak mengulangi lagi (bolos sekolah) pada saat jam pelajaran sekolah, mengingat sebentar lagi akan dilaksanakan ujian sekolah.

“Dan razia ini akan terus kami lakukan, secara rutin. Dengan sasaran beberap tempat yang sekiranya sering digunakan oleh para pelajar untuk bolos sekolah,” tambahnya. (an)