Budaya Kalau Sudah Menjadi Identitas akan Bermanfaat untuk Kebersamaan

foto : Dok Pemkab Madiun

NORTH DAKOTA, KANALINDONESIA.COM: Bupati Madiun H. Ahmad Dawami saat melakukan kegiatan International Visitor Leadership Program (IVLP) di Amerika Serikat (AS) berkesempatan mengenal suku tertua di Amerika yaitu Suku Indian, di North Dakota sebuah negara bagian yang terletak di utara Amerika Serikat.

Bupati Madiun yang akrab dipanggil Kaji Mbing bercerita, orang Amerika tetap menjaga budaya, Amerika banyak suku, baik wilayah di bagian selatan maupun di bagian utara.

Di Amerika Utara penduduk asli tinggal dalam satu reservasi, berbagai suku ini punya adat, punya kebiasaan, punya budaya yang sampai hari ini masih dijaga.

Mereka tetap mengganggap bahwa budaya itu adalah warisan nenek moyangnya. Untuk tetap menjaga ini mereka membuat museum khusus tempat untuk menyimpan warisan dari suku-suku mereka.

Dan yang terpenting, mereka pun mengajarkan adat istiadat dan tari-tarian di sekolah dasar, menengah dan atas. Sehingga budaya mereka tetap terjaga dan menjadi kebanggaan mereka serta menjadi identitasnya.

Sepenggal cerita bupati mengatakan, bahwa budaya kalau sudah menjadi identitas akan bermanfaat untuk kebersamaan di bidang lain, semisal menjaga lingkungan hidup, menjaga perdamaian, menjaga keamanan dan lain-lain sebagainya.

“Dengan Kampung Pesilat yang didalamnya berbagai perguruan silat (seni budaya kita), saya berharap dapat menjaga warisan nenek moyang. Ini agar kita saling menghargai, gotong royong menjaga lingkungan, sehingga terwujudnya perdamaian, keamanan, keselamatan bagi negara Indonesia khususnya di Kabupaten Madiun,”ucap Kaji Mbing.