Secara Marathon, Uji Naskah II Jukgar Enam Operasi Udara Dalam OMP

Uji Naskah II Jukgar
Uji Naskah II Jukgar

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM :  Dankodiklatau Marsda TNI Tatang Harlyansyah S.E., M.M., pimpin Uji Naskah II 6 (enam) Petunjuk Penyelenggaraan (Jukgar) Operasi Udara dalam OMP yang dilaksanakan secara marathon di Ruang Suryadharma Kodiklatau, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (25/02/20).

Uji Naskah merupakan proses pengujian atau percobaan secara teori dan hasil evaluasi praktik di lapangan terhadap konsep atau gagasan yang dituangkan dalam suatu naskah jukgar agar substansinya dapat dipertanggungjawabkan secara akademis, dan dapat diaplikasikan dalam kegiatan di lapangan. Uji naskah yang dilaksanakan meliputi dua hal yaitu pengujian terhadap “Naskah Keputusan Pengesahan” dan pengujian terhadap “Naskah Materi Jukgar”.

“Jukgar-jukgar operasi udara yang sedang disusun ini, kelak menjadi pedoman bagi penyelenggara, pelaksana dan pelaku serta pendukung dalam kegiatan operasi udara dalam OMP. Disisi lain penyusunan jukgar ini merupakan rangkaian dari kegiatan penyusunan Doktrin Operasi Udara untuk perang,”kata Dankodiklatau.

Peserta Uji Naskah II dari keenam jukgar tersebut diikuti oleh 15 orang Penanggap antara lain Waaspam Kasau, Waaspers Kasau, Waaslog Kasau, Waasoptdirga Kasau, Kas Koopsau I, Wadan Kodiklatau, Kadiskumau, para Direktur Kodiklatau, Kasetumau, serta Paban I/Dok dan Paban III/Binorg Ditdok Kodiklatau serta Paban II/Lat Ditdiklatau Kodiklatau.

Sedangkan Pokja Penyusunan enam Jukgar Operasi Udara antara lain Waasops Kasau, Paban II/Jemen Srenaau, Paban III/Intelud Spamau, Paban I/Ren Sopsau, Paban III/Binkar Spersau, Paban VI/Taswilud Spotdirga, Kasubdisjarah Dispenau, Kakum Kohanudnas, Paban II/Evalbangdik Ditjian Kodiklatau, Kasubdissarval Dislambangjaau, Kasubdislat Disopaslatau, Dosen Gol. VI Seskoau, Kasubdislambangja Dislambangjaau serta Pabandyapinak Pb II/Jemen Srenaau. Sebagai nara sumber dalam Uji Naskah ini adalah Koorsahli Kasau Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, M.S.S.

Keenam Jukgar yang di uji yaitu Jukgar Operasi Mobilitas Udara, Jukgar Operasi Udara Khusus, Jukgar Operasi Informasi, Jukgar Operasi Intelijen, Jukgar Operasi Udara Serangan Strategis, dan Jukgar Operasi Udara Perlawanan.

Harapan Dankodiklatau selaku pimpinan kepada seluruh peserta uji naskah yaitu didapatnya masukkan yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan secara teori maupun legal formal, aplikatif, komprehensif, dan paripurna.@wn