Pasien Positif Corona di Tulungagung akan Diambil Swab Ulang

TULUNGAGUNG, KANALINDONESIA.COM: Satu pasien positif virus corona yang sempat dinyatakan sembuh oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung bakal menjalani pengambilan swab ulang.

Hal tersebut untuk memastikan kondisi terkini apakah pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut positif corona atau tidak.

“Rencananya pengambilan Swab akan dilakukan besok oleh pihak RSUD dr Iskak,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung Bambang Triono kepada pewarta.

Pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut sebenarnya sudah pernah mendapatkan perawatan secara intensif di RSUD dr Iskak pada tanggal 19 Maret yang lalu. Karena hasil uji lab dari BBTKL negatif, serta kondisinya sudah sehat, akhirnya ia dipulangkan pada tanggal 23 Maret. Namun hasil uji lab dari Kemenkes RI baru keluar pada tanggal 29 Maret, dan hasilnya adalah positif.

Baca:  Jembatan Putus Akibatkan 2 Kecamatan Tak Bisa Melintas

“Untuk memastikan kondisi pasien, akhirnya hari ini kami mendatangi rumahnya untuk melakukan pemantauan,” kata Bambang.

Hasilnya lanjut Bambang, secara klinis pasien yang tinggal di wilayah Kecamatan Tulungagung tersebut sudah tidak memiliki gejala. Bahkan, ia menganggap kondisinya cukup sehat termasuk istri dan kedua anaknya.

“Petugas sempat menanyakan kondisi keluarganya di Kecamatan Bandung, katanya juga sehat,” terangnya.

Namun demikian lanjut Bambang, untuk menghapus status pasien positif corona terhadap si pasien ini diperlukan tes ulang. Rencananya pengambilan swab kedua ini dilakukan oleh RSUD dr Iskak dan mengirimkannya lagi ke Kemenkes RI.

“Kami juga menghimbau agar si pasien ini untuk mengisolasi diri di rumah hingga hasil swabnya keluar,” ungkapnya.

Baca:  Ditinggal Pergi Menyiram Tembakau, Sebuah Rumah Warga Pamekasan Ludes Terbakar

Seperti yang diketahui, publik Kota Marmer sempat gempar pada Minggu (29/3/2020) sore. Pasalnya, Pemprov Jatim menyebut ada satu warga Tulungagung yang positif virus corona. Padahal, pasien yang dimaksud sempat dinyatakan sehat dan diijinkan pulang dari RSUD dr Iskak.