Mendag, Pastikan Kebutuhan Raw Sugar Cukup Sampai Lebaran

Mendag Agus Suparmanto kunjungi PT IGN

KENDAL – KANALINDONESIA.COM

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Agus Suparmanto melakukan kunjungan kerja ke Pasar Pagi Kaliwungu dan PT Industri Gula Nusantara (IGN), Selasa (07/40/2020).

Dalam kunjungannya Mendag memastikan produksi gula berjalan lancar sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Idul Fitri.

Mendag Agus Suparmanto mengatakan, PT IGN agar melakukan import raw sugar sebanyak 77 ribu ton, hingga saat ini yang sudah masuk ke PT IGN sebanyak 22 ribu ton.

”Saat ini raw sugar yang masuk sudah diolah PT IGN dengan kapasitas perhari 800 ton,” katanya.

Rencananya gula hasil produksi dari PT IGN akan didistribusikan ke sejumlah daerah seperti Jateng, Jatim dan Jabar dengan harga di pasaran sekitar Rp 12,5 ribu.

Baca:  11 Pendaki Asal Jakarta Tersambar Petir di Gunung Prau, Tiga Tewas

“Saat ini stok gula kita cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai lebaran,” kata Agus Suparmanto.

Ditambahkan, sebelum mengunjungi PT IGN, pihaknya sidak di Pasar Pagi Kaliwungu untuk mengecek harga sembako dan hasilnya harganya stabil bahkan ada beberapa komoditi yang harga tinggi, namun saat ini sudah ada penurunan harga.

“Semoga sampai lebaran harga sembako di pasar tradisional tetap stabil,” harapnya.

Sementara Direktur HRD dan Umum PT IGN M Burhan Murtaki mengatakan, PT IGN mendapatkan alokasi ijin Import gula mentah untuk mendukung pemerintah dalam melakukan stabilisasi harga gula pasir.

”Kami berterima kasih dapat dipercaya untuk mendukung program pemerintah dengan diberikan ijin impor gula mentah. Kami dapat mengoptimalkan operasional pabrik walaupun diluar musim giling. Tentunya ini juga membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah,” tuturnya.(Eko)

Baca:  Gelar Rampcheck di Bandara Soekarno- Hatta, Ditjen Hubud Pastikan Pelayanan Angkutan Lebaran Optimal