Peduli Lingkungan, Ratusan Pekerja PT Tirta Fresindo Jaya Pasuruan Gelar Penghijauan

KANALINDONESIA.COM, PASURUAN : Dalam rangka menunjukkan kepeduliannya terhadap pemeliharaan lingkungan dan menjaga keseimbangan kondisi alam. PT Tirta Fresindo Jaya Pasuruan, anak perusahaan dari PT.Mayora, melakukan penghijauan dengan menanam pohon di wilayah perbukitan Hutan Mliwis-Sumber bendo, di Dusun Selowinangun, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (04/02/2017) pagi.

Dalam kegiatan penanaman sekitar 10 ribu bibit pohon dari berbagai jenis tersebut, diikuti oleh seluruh karyawan dan jajaran Manager PT. Tirta Fresindo Jaya Pasuruan.

Bahkan Corporate HR Division Head PT.Mayora, Heri Soesanto, turut serta dalam kegiatan menanam pohon di lereng area perbukitan Hutan Mliwis tersebut.

Selain karyawan Grup PT.Mayora, kegiatan itu juga didukung dan diikuti oleh relawan dari yayasan Si-Hijau, pimpinan Sugiarto, yang konsisten dalam hal pelestarian lingkungan untuk menjaga mata air, perwakilan dari BLH Kabupaten Pasuruan, serta FORDAS. Menurut keterangan Dwion Yunus, selaku Factory Manager PT.Tirta Fresindo Jaya Pasuruan,

Kegiatan penanaman pohon sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan melalui program CSR tersebut sudah dilaksanakan yang ke-3 kalinya ini.

“Kegiatan tanam pohon melalui program CSR ini sudah yang ke-3 kalinya. Inilah bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan dan alam agar selalu terjaga dan lestari bagi penerus kita nanti,” jelas Dwion Yunus di sela-sela kegiatan itu.

Sementara itu, Heri Soesanto selaku Corporate HR Division Head PT.Mayora dalam sambutannya sebelum melakukan penanaman bibit pohon, mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung program penghijauan yang telah dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

Sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi bagi masyarakat di lingkungan perusahaan.

“Saat ini, limbah dari produk kami berupa ampas kopi, teh dll, akan diolah menjadi hal yang berguna bagi lingkungan hidup. Karena kami ingin Indonesia menjadi lebih baik, karena Mayora dari Indonesia dan produknya telah dikenal luas dan diekspor ke luar negeri,” tandas Heri Soesanto.

Selanjutnya, perwakilan dari BLH Kabupaten Pasuruan, yaitu Heri Sugeng Priyono, selaku Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, menyatakan menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh PT.Mayora ini. Karena seperti diketahui, beberapa waktu terakhir ini wilayah Kabupaten Pasuruan dilanda musibah banjir dan tanah longsor, akibat curah hujan yang tinggi dan terganggunya keseimbangan alam.

“Di wilayah Kabupaten Pasuruan ini banyak berdiri pabrik-pabrik dan perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam air sebagai bahan baku-nya. Namun masih sedikit yang melakukan program CSR nya dengan melakukan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Apa yang dilakukan oleh PT.Mayora ini patut diapresiasi karena telah konsisten dalam melakukan penghijauan,” terang Heri.

Seperti diketahui, diwilayah Desa Cowek sendiri bertebaran sejumlah mata air yang berasal dari resapan Hutan Mliwis. Bahkan di Dusun Selowinangun, dikenal sebagai kampung pancar mata air, yang terus dilestarikan oleh Sugiarto yang pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru dari pemerintah. (bet)