Warga Desa Bandung Kompak, Tolak Pembangunan BTS

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Rencana pembanguan Bangunan Tower Seluler (BTS) di Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang di tolak oleh warga setempat, pasalnya bangunan BTS itu belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) termasuk izin gangguan (HO) yang merupakan syarat wajib dalam mendirikan BTS sesuai peraturan yang berlaku.

Hal yang membuat warga setempat geram adalah pihak pelaksana pembangunan BTS yang belum mengantongi izin IMB serta izin prinsip yang berupa izin HO, sudah melakukan pembangunan pondasi BTS tersebut.

Mustofa (32) warga setempat mengatakan bahwa masyarakat sudah kompak sepakat menolak pembangunan BRA di wilayahnya.

“Kami seluruh warga RT 005/ RW 004 yang rumah kami berdekatan dengan rencana akan dibangunnya Tower tersebut, berkeberatan dengan adanya rencana tersebut, serta kami menolak keras adanya rencana pembangunan ini. Hal ini dikarenakan tidak ada sosialisasi yang jelas dari pihak RT, pemerintah desa, apalagi pihak dari pelaksana pembangunan BTS di Desa kami,” tegasnya pada KANALINDONESIA.COM, Minggu(05/02/2017).

Hal senada juga disampaikan M.Zainuri (44) yang juga warga setempat mengatakan bahwa, banyak sekali kejanggalan yang dilakukan oleh pihak pelaksana pembangunan BTS tersebut, mulai dengan mendatangi ibu-ibu rumah tangga dan memberikan sejumlah uang yang tidak jelas maksud dan tujuannya.

“Waktu itu ibu-ibu rumah tangga didatangi dan dikumpulkan oleh orang-orang dari tower, selanjutnya ibu-ibu disuruh tanda tangan dan dikasih uang katanya untuk tali asih, nah kan itu ibu-ibu tidak paham dan mengerti maksud diberikannya uang tali asih itu,” ungkapnya saat ditemui KANALINDONESIA.COM di rumahnya, Minggu(05/02/2017).

Dari pantauan KANALINDONESIA.COM dilapangan, warga setempat akan memberhentikan proses pembanguan tower tersebut, dengan memasang tanda larangan di area pembanguan tower tersebut, bahkan Mustofa selaku kordinator yang ditunjuk oleh warga akan mengadukan permasalahan ini ke Pemerintah Daerah dengan membawa petisi yang ditandatangani warga atas penolakan pembangunan tu tower di wilayah lingkungannya.(elo)