Ironis….Gaji Minim, Dana TPP Guru SMP Swasta juga Belum Diturunkan

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Tanggung jawab yang besar bagi seorang tenaga pendidik (red: guru) dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa tidaklah seimbang dengan nasib dan peningkatan mutu kesejahteraan mereka.

Seperti salah satu Guru di SMP swasta yang namanya enggan dipublikasikan, saat ditemui kanalindonesia.com, dalam kurun waktu 1 bulan pihaknya hanya digaji Rp 300.000,-.

“Saya digaji oleh yayasan per bulannya hanya Rp 300,000,- mas, ya dikatakan cukup atau gak cukup memang segitu yang saya terima dari yayasan,” ujarnya, Rabu (08/02/2017).

Ketika disinggung apakah pihaknya menerima sertifikasi dari pemerintah, pihaknya mengatakan,” iya mas alhamdulillah saya ikut sertifikasi sejak 2009. Dari TPP itu yang bisa menunjang kelangsungan hidup saya selama ini mas,” tegasnya.

Ketika ditanya apakah ada masalah dalam setiap pencairan Dana Tunjangan Profesional Pendidik (TPP) untuk guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta se Kabupaten Jombang, pihaknya mengatakan,” untuk tahun yang 2016 ada masalah. Karena dana TPP triwulan keempat untuk bulan Oktober, November, Desember yang merupakan hak kami belum turun, padahal seharusnya dana tersebut cair pada bulan Desember 2016 tahun lalu namun hingga kini memasuki bulan Februari tahun 2017, masih belum ada kejelasan, dari Dinas Pendidikan,” katanya.

Untuk sementara ini, apa langkah yang diambil oleh pihaknya, beserta guru-guru swasta lainnya yang belum menerima hak mereka saat mengalami nasib ini.

“Saat mengetahui dana TPP untuk Guru SMP swasta belum turun, kami sempat menanyakan pada Dinas, namun jawabannya ya untuk pencairan TPP triwulan keempat akan dianggarkan pada tahun 2017, jadi memang mundur untuk pencairannya, dan untuk bertahan hidup kita harus kerja ekstra seperti buka les privat untuk menyambung kebutuhan hidup,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa di Kabupaten Jombang sering sekali terdapat mundurnya pencairan dana-dana yang bersumber dari pusat, seperti halnya Biaya Operasional Pendidikan (BOP) untuk PAUD, dan untuk saat ini dana TPP untuk guru SMP swasta juga ikut mundur pencairannya.(elo)