Bantu Amankan Pilkada DKI, Polda Jateng Kirim 400 Personil Brimob

Kapolda Jateng memeriksa Pasukan Brimob yang akan diberangkatkan ke Jakarta

KANALINDONESIA.COM, SEMARANG : Sebanyak 400 personel Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Jateng BKO (Bantuan Kendali Operasi) Polda Metro Jaya dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di DKI Jakarta 15 Pebruari mendatang.

“Ini permintaan Mabes Polri untuk BKO di sana bersama Polda lainnya,” tandas Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Condro Kirono usai upacara pemberangkatan 400 personil Sat Brimob yang dilaksanakan di Mako Sat Brimob Polda Jateng, Rabu (8/2/2017).

Pada kesempatan tersebut Condro berpesan agar para personel bisa melaksanakan tugas dengan ikhlas, penuh tanggung jawab, kompak, menjaga kehormatan dirinya, disiplin, dan beretika dalam tugasnya.

Terkait pengamanan Pilkada di Jateng sendiri, Condro mengaku telah meningkatkan pengamanannya terutama di daerah-daerah yang suhu politiknya cukup memanas, seperti di Pati dan Brebes.

“Untuk kampanye di Pati pengamanan telah ditingkatkan. Pada saat pemungutan suara kita buat pola pengamanan satu, dua dan pengamanan tiga sesuai kebutuhannya,” kata Condro.

Sedangkan di Brebes, lanjut Condro, 1 TPS ada yang dijaga 2 personil Brimob dan 2 Linmas. Namun bisa  juga 2 personil Brimob menjaga 5 TPS sekaligus bahkan 10 TPS. “Tergantung kerawanan di masing-masing TPS,” tandasnya.

Selain itu, juga ada kekuatan patroli mobile di sekitar TPS yang sangat membantu pengamanan pelaksanaan pemungutan suara.

Seementara terkait akan digelarnya aksi demo pada 11 Pebruari mendatang yang diduga bermuatan politik, Condro menghimbau kepada masyarakat Jawa Tengah agar tetap berada di wilayah Jawa Tengah. Karena sangat dimungkinkan banyak kerawanan akan terjadi. (Sigit)