Menpora Buka Konggres l Garda Pemuda Nasdem

Menpora Imam Nahrawi saat membuka Kongres I Garda Pemuda NasDem

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Menpora Imam Nahrawi didampingi Ketua Majelis Tinggi Partai NasDem Jan Darmadi dan Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Martin Manurung membuka Kongres I Garda Pemuda NasDem yang mengusung tema, “Bangkit Memimpin Perubahan” yakni, perubahan yang berdasarkan cita-cita proklamasi kemerdekaan dan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (12/2) siang.

Menpora bersyukur dan berbahagia bahwa pada kesempatan ini dapat hadir membuka Kongres I Garda Pemuda NasDem, sekaligus mengucapkan terima kasih bahwa selama ini Garda Pemuda NasDem telah banyak mengawal program-program Kemenpora dengan baik.

Ada hal penting yang dititipkan Menpora dalam kongres saat ini, pertama, meskipun sebagai sayap Partai NasDem tidaklah hanya sampai 2019 tetapi tetap menjadi garda depan keberlangsungan bernegara selamanya. Kedua, tetap mengawal dan bekerja sama menyukseskan program-program Kemenpora yang tahun ini ada program unggulan seperti Tour de Nusantara, Gala Desa, dan sudah barangtentu Kirab Pemuda Nusantara yang digelorakan dari Sabang sampai Merauke. Ketiga, tidak saja untuk Garda Pemuda NasDem tetapi untuk seluruh pemuda Indonesia hendaknya terus bangkit mengawal perubahan demi kemajuan bangsa.

“Terima kasih kepada Garda Pemuda NasDem yang selama ini telah mengawal dan bekerjasama menyukseskan program-program Kemenpora, terus kawal program unggulan tahun ini Tour de Nusantara, menyatukan Indonesia dengan olahraga bersepeda, Gala Desa, dan Kirab Pemuda Nusantara, teruslah menjadi garda terdepan bangkit mengawal perubahan bersama pemuda-pemuda Indonesia semuanya demi kemajuan bangsa.” kata Menpora.

Sementara Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Martin Manurung dalam sambutannya menggarisbawahi adanya tiga tantangan pemuda saat ini dan kedepan khususnya bagi Garda Pemuda NasDem, pertama, perlunya politik keteladanan, bangsa ini sangat perlu keteladanan disemua hal terutama bagaimana menempatkan diri dalam perpolitikan bangsa ini. Kedua, kepemimpinan yang menggerakkan, jadi pemimpin tidak hanya pandai memerintah tetapi harus mampu menggerakkan semua kini kepemimpinannya. Ketiga, generasi bangsa yang sadar akan ke-Indonesia-an, bagaimana merawat perbedaan menjaga kebhinekaan. “Saya berharap bisa dibahas dan menjadi resolusi kongres, tiga tantangan pemuda saat ini dan kedepan yaitu politik keteladanan, kepemimpinan yang menggerakkan, dan generasi bangsa yang sadar akan nilai ke-Indonesia-an.” ucap Martin.

Ada penggalan Manifesto yang menarik saat organisasi kepemudaan ini dideklarasikan di Balai Kartini Jakarta pada tanggal 14 Juli 2011 yang saat pembukaan kongres ini dibacakan kembali, sebagai berikut, “Pemuda adalah titik awal Republik. Pemuda adalah sumbu api yang mengobarkan semangat kebangsaan. Pemuda adalah pelopor yang berani menarik garis imajiner ke masa depan, membentuk sebuah identitas kebangsaan: satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa: Indonesia! Pemuda adalah anak sang zaman sekaligus ibu masa depan bangsa!”

Kongres I Garda Pemuda NasDem berlangsung tanggal 11-13 Februari 2017, diikuti oleh pengurus dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) seluruh Indonesia, yang akan membahas pengelolaan organisasi yang lebih baik, penyusunan program lima tahun ke depan, dan regenerasi kepemimpinan di tingkat nasional.

Pembukaan kongres diawali dengan iringan marching band dan gerak tari dinamis yang warna serta panji-panjinya sangat kental dengan Partai NasDem serta dipenghujung ditandai dengan pemukulan gong oleh Menpora sebagai tanda bahwa kongres resmi dibuka. Tampak hadir pada acara pembukaan kongres tersebut Ketua Fraksi NasDem PR RI Victor Laiskodat dan Anggota DPR Partai NasDem Prof. Bachtiar Aly. (gardo)