Tiga Oknum Polisi Diduga Konsumsi Sabu

barang bukti yang berhasil diamankan

KANALINDONESIA,COM KEDIRI : Komitmen Kepolisian Republik Indonesia untuk perang melawan peredaran narkoba bukanlah isapan jempol belaka, bahkan dalam menunjukkan komitmen tersebut pihak kepolisian tidak tebang pilih dalam melaksanakan tugasnya.

Sebagai upaya tersebut, Urkes Polres Kediri berhasil mengidentifikasi dugaan penggunaan narkoba oleh tiga oknum polisi melalui tes urine.

Dari tes urin tersebut didapat tiga anggota polisi yang diduga positif mengkonsumsi yang diantaranya yaitu Aiptu SG, Aiptu SY dan Aiptu DPD, yang ketiga-tiganya merupakan anggota polisi aktif di 3 Polres berbeda, yakni SI berdinas di Polres Mojokerto, SY berdinas di Polres Jombang serta DPD berdinas di Polres Kediri Kota.

Sumber di internal Kepolisian yang namanya enggan dipublikasikan, mengatakan bahwa, penangkapan terhadap 3 oknum polisi yang diduga usai pesta sabu itu dilakukan petugas Sat Reskoba Polres Kediri, pada Sabtu (11/02/2017) sekitar pukul 12.00 WIB lalu.

Bermula dari penangkapan SI dengan dengan barang bukti 2 paket sabu seberat 0,7 gram.

“Selanjutnya petugas Sat Reskoba Polres Kediri langsung menuju ke rumah Aiptu SI. Nah, kebetulan saat itu datanglah Aiptu SY yang akan ke rumah Aiptu SI dan langsung diamankan petugas,”ungkapnya, Senin (13/02/2017).

Aparat kepolisian yang sudah mengamankan SI dan SY, selanjutnya melakukan pengeledahan di rumah kosong, tepatnya didekat rumah SI. Dari pengeledahan itu, satu oknum anggota polisi yakni Aiptu DPD berhasil diamankan.

“DPD saat itu bersama dua teman wanita dan ditemukan barang bukti bong atau seperangkat alat hisap sabu,” ujarnya, sembari mewanti-wanti namanya agar tidak dipublikasikan.

Setelah itu ketiga oknum polisi yang berhasil diamankan dan dibawa ke Polres Kediri, untuk dilakukan tes urin oleh petugas Urkes. Alhasil ketiga oknum polisi yakni, Aiptu SI, SY serta DPD diketahui positif dan diduga telah mengkonsumsi barang yang mengandung amfetamin dan metamfetamin. Diduga, ketiga oknum terbukti mengkonsumsi narkotika jenis sabu.

Masih menurut sumber yang sama,” untuk penyidikan lebih lanjut, saat ini petugas dari Provos Polres Kediri dan tim dari Bidang Propam Polda Jatim, Kasi Propam Polres Mojokerto dan Jombang serta Kasi Propam Polres Kediri Kota melakukan pemeriksaan terhadap ketiga oknum tersebut. Dan untuk selanjutnya proses hukum terhadap para terduga akan diserahkan kepada masing-masing Ankum dan penanggananya. Tak hanya itu, supervisi akan dilakukan oleh tim akreditor dari Bid Propam Polda Jatim,” pungkasnya.

Kini pelaku beserta barang bukti yakni, 0,70 gram Narkotika jenis sabu – sabu, uang tunai Rp 400.000,-. , dan 1 buah HP merk ASUS, diamankan petugas.

Dan atas perbuatannya tersangka di jerat dengan pasal 114 ayat (1) psl 112 ayat (1) UU. 35 /2009 tentang Narkotika.(elo)