Pencemaran Lintas Batas Sungai Okhchuchay oleh Armenia

- Editor

Jumat, 10 September 2021 - 22:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

AZERBAIJAN, KANALINDONESIA.COM: Okhchuchay adalah anak sungai Araz (panjang 83 km, daerah tangkapan airnya 1.175 km2), berasal dari gunung Gapijig (3.285 m) dari jajaran Zangazur. Sebagian besar wilayahnya terletak di wilayah Syunik di Armenia. Aliran sungai yang lebih rendah mengalir melalui Zangilan (wilayah yang baru saja dibebaskan dari pendudukan Armenia). Alirannya dibentuk oleh salju (46%), hujan (10%) dan air tanah (44%). Aliran air tahunan rata-rata adalah 10,0 m3 / detik, volume tahunan rata-rata adalah 315 juta m3. 40% dari aliran tahunan terbentuk selama periode musim semi, 43% di musim panas, 10% di musim gugur, 7% di musim dingin.

Di Azerbaijan sekitar 70% sumber air permukaan negara sangat bergantung pada aliran masuk eksternal dari negara-negara tetangga. Bagian utama dari sungai lintas batas – Okhchuchay mengalir melalui wilayah Armenia. Aliran bawah Okhchuchay mengalir melalui wilayah Azerbaijan dan memasuki sungai Araz, aliran air terbesar kedua di Kaukasus Selatan. Sungai Araz juga merupakan sungai lintas batas dengan Armenia yang bergabung dengan Kura – sungai terbesar aliran air di wilayah tersebut. Kedua sungai memainkan peran kunci dalam menyediakan air minum, serta irigasi seluruh negeri. Polusi Okhchuchay memiliki dampak negatif langsung pada kualitas kedua Araz dan sungai Kura.

Pencemaran Sungai Okhchuchay

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Okhchuchay sangat tercemar oleh limbah pertambangan tambang Gafan dan Gajaran yang terletak di wilayah Armenia. Sungai ini hampir digunakan sebagai pengumpul limbah pertambangan fasilitas industri tersebut. Kontaminasi Okhchuchay dengan logam berat dan garam membutuhkan tempat karena air limbah yang dihasilkan dari perusahaan pertambangan dan pengolahan dan dibuang langsung ke daerah aliran sungai. Lokasi perusahaan pertambangan terbesar di Armenia – Pabrik Tembaga-Molibdenum Gajaran di Armenia (Pabrik Zangazur CopperMolybdenum) dan Pabrik Pengolahan Bijih Gafan di wilayah Syunik, di sumber Sungai Okhchuchay (disebut Sungai Vogji di Armenia) menegaskan fakta polusi yaitu dari sumber-sumber ini.

Masalah Lingkungan

Pencemaran ini mengakibatkan masalah lingkungan, yakni: Perubahan drastis kualitas air di sungai dapat memiliki efek yang sangat negatif pada penggunaannya untuk keperluan rumah tangga dan pertanian. Terutama, pencemaran yang terus menerus terjadi, dapat mengakibatkan degradasi ekosistem sungai yang unik – pengurangan dan hilangnya spesies langka dan terancam punah. Polusi juga dapat menyebabkan masalah keamanan pangan yang serius.
Penggunaan air yang terkontaminasi dapat menyebabkan konsekuensi yang merugikan, seperti gangguan pada saluran pencernaan, proses destruktif pada ginjal, tulang, gangguan sistem kardiovaskular dan saraf tubuh manusia.

Hasil Pemantauan

Pembebasan wilayah Azerbaijan yang sebelumnya diduduki oleh Armenia telah memberikan akses bagi para ahli ekologi Azerbaijan ke sungai-sungai lokal yang mengalir melalui wilayah distrik Zangilan dan mereka melakukan pemantauan di sungai Okhchuchay, termasuk sungai-sungai lintas batas lainnya.

Pencemaran sungai dikonfirmasi oleh pemantauan. Hasil pemantauan dianalisis di laboratorium nasional, termasuk laboratorium asing yang terakreditasi internasional dan bersertifikat.

Menurut analisis sampel uji air yang diambil dari Okchuchay pada Januari-Juni 2021, Kementerian Ekologi dan Sumber Daya Alam Republik Azerbaijan melaporkan bahwa sejumlah besar logam berat, terutama tembaga, molibdenum, mangan, besi, seng dan kromium ditemukan di air sungai. Pengamatan mengungkapkan warna air telah berubah drastis dari waktu ke waktu karena polusi dari putih menjadi warna kuning asam.

Seruan untuk Organisasi Internasional

Sayangnya, Armenia – yang mana sebagian besar sungai mengalir ke wilayah Azerbaijan – belum bergabung dengan Konvensi Helsinki tentang Aliran Air Lintas Batas. Dokumen internasional yang diadopsi pada tahun 1992 di Helsinki (Finlandia) berfungsi sebagai mekanisme untuk memperkuat langkah-langkah nasional dan kerjasama internasional yang bertujuan untuk mencapai pengelolaan dan perlindungan yang ramah lingkungan dari permukaan dan air tanah lintas batas.

Kementerian Ekologi dan Sumber Daya Alam Republik Azerbaijan menyerukan kepada organisasi-organisasi internasional untuk menaruh perhatian terhadap bahaya lingkungan dan situasi kritis sungai Okhchuchay.

Organisasi internasional diberitahukan tentang fakta-fakta polusi dan diminta untuk mengambil tindakan segera untuk mencegah degradasi yang tidak dapat dibatalkan dari ekosistem unik kawasan ini. Tetapi permintaan yang disebutkan tetap tidak terjawab sampai hari ini.

Azerbaijan menyerukan kepada komunitas internasional dan aktivis lingkungan di sekitar dunia untuk mengkonsolidasikan upaya untuk mengakhiri polusi. @Gultakin Habibli

*Penulis adalah Counsellor of the Embassy of the Republic of Azerbaijan

Berita Terkait

Implementasikan Transformasi Digital Canggih, RS Islam Aminah Raih Penghargaan Bintang Tiga
Libur Lebaran 2024, BPJS Kesehatan Surabaya Maksimalkan Layanan Aplikasi JKN
Wow Keren! Bandara Juanda Jadi Bandara Terbaik se-Asia Pasific
Peneliti UNAIR Wakili Indonesia dalam Konferensi Internasional, Promosikan Jamu di India
Cegah Glaukoma dengan Skrining Berkala
RSUD R.T Notopuro Sidoarjo Jadi Hospital base, Tempat Pendidikan Para Dokter Spesialis
Libur Nyepi dan Awal Puasa, KAI Daop 4 Semarang Siapkan Ribuan Tempat Duduk
Besok Hari Terakhir Sub PIN Polio Putaran Kedua, Khofifah Imbau Orang Tua Segera Lengkapi Imunisasi Anak dengan Datangi Yankes Terdekat-kanalindonesia

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 04:23 WIB

Implementasikan Transformasi Digital Canggih, RS Islam Aminah Raih Penghargaan Bintang Tiga

Rabu, 20 Maret 2024 - 16:16 WIB

Libur Lebaran 2024, BPJS Kesehatan Surabaya Maksimalkan Layanan Aplikasi JKN

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:48 WIB

Wow Keren! Bandara Juanda Jadi Bandara Terbaik se-Asia Pasific

Jumat, 15 Maret 2024 - 13:07 WIB

Peneliti UNAIR Wakili Indonesia dalam Konferensi Internasional, Promosikan Jamu di India

Kamis, 14 Maret 2024 - 16:10 WIB

Cegah Glaukoma dengan Skrining Berkala

Minggu, 10 Maret 2024 - 22:23 WIB

RSUD R.T Notopuro Sidoarjo Jadi Hospital base, Tempat Pendidikan Para Dokter Spesialis

Sabtu, 9 Maret 2024 - 13:05 WIB

Libur Nyepi dan Awal Puasa, KAI Daop 4 Semarang Siapkan Ribuan Tempat Duduk

Sabtu, 24 Februari 2024 - 09:43 WIB

Besok Hari Terakhir Sub PIN Polio Putaran Kedua, Khofifah Imbau Orang Tua Segera Lengkapi Imunisasi Anak dengan Datangi Yankes Terdekat-kanalindonesia

KANAL TERKINI

Uncategorized

Update Longsor Bandung Barat, 3 Warga Masih Dalam Pencarian

Jumat, 29 Mar 2024 - 22:47 WIB

KANAL GADGET

Hp Infinix Note 30 Pro Beserta Spesifikasinya

Jumat, 29 Mar 2024 - 18:28 WIB

KANAL TRAVEL

Pantauan Libur Panjang Wafat Isa Al Masih, di Daop 7 Madiun

Jumat, 29 Mar 2024 - 18:14 WIB