Penyandang Difabel Dapatkan Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

Penyandang difable saat ikuti ujian pemohon sim di satlantas polres jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Satuan Lalulintas Polres Jombang berikan pelayanan prima untuk memfasilitasi para penyandang difabel untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

SIM untuk para penyandang difabel tersebut masuk dalam kategori D sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mellysa Amalia selaku Kasat Lantas Polres Jombang menuturkan, bahwa Satlantas Polres, Jombang bukanlah yang kali pertama ini melayani SIM untuk penyandang Difabel, namun ini adalah yang kedua kalinya memfasilitasi ujian untuk pemohon SIM D yang ada di Kabupaten Jombang.

“Sudah dua kali, yang gelombang pertama ada 20 pemohon dan yang gagal ujian ada 4 orang, selanjutnya akan kembali ujian sepekan kedepan,” ungkap Mellysa, Kamis (16/02/2017).

Masih menurut Mellysa bahwa, sistem ujian untuk pemohon SIM D memiliki perbedaan dengan pemohon SIM biasa, perbedaan terletak pada ujian praktek.

“Jalur pada ujian praktek berbeda dengan pemohon SIM pada umumnya, jarak antar palang ujian juga lebih lebar karena menyesuaikan design kendaraan yang dipergunakan bagi penyandang difabel,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Mellysa, pihaknya juga memberikan keleluasaan bagi para penyandang difabel untuk memakai kendaraan yang dibawa sendiri, karena pihaknya belum menyediakan kendaraan untuk para difabel tersebut.

“Selain itu kita juga  mengajak para penyandang disabilitas, untuk tertib berlalulintas,” pungkasnya.(elo)