Banjir Terjang Kecamatan Sumobito, BPBD Kabupaten Jombang Hinbau Warga Waspada Bencana

Banjir melanda kecamatan Sumobito

KANALINDONESIA.COM JOMBANG : Akibat intensitas ujan yang cukup tinggi, hampir diseluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Jombang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang Jawa Timur, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana alam banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Kepala BPBD Jombang Nur Huda mengatakan bahwa, beberapa DAS yang harus diwaspadai yakni Sungai Gunting, Pancer, dan Catak Banteng yang melintas di Kecamatan Mojowarno, Mojoagung dan Sumobito.

“Terutama mereka yang tinggal disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk lebih waspada terhadap bencana banjir karena curah hujan masih tinggi hingga akhir Februari dan diprediksi musim hujan akan berakhir hingga April,” ungkapnya pada kanalindonesia.com, Jumat(17/02/2017).

Masih menurut Nur Huda,”Jika hujan lebat dan lama dikawasan hulu ketiga sungai tersebut dapat dipastikan beberapa desa akan teremdan banjir, terutama di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung,” tegasnya.

Selain menghimbau bencana alam banjir, Nur Huda juga menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap angin puting beliung, karena angin puting beliung dapat terjadi sewaktu-waktu dan dimana saja.

“Terutama di kawasan pemukiman yang berbatasan dengan daerah lapang, jika sudah terlihat angin kencang dan awan hitam pekat, kemungkinan akan terjadi angin puting beliung,”paparnya.

Dari data yang dimiliki BPBD Jombang, untuk daerah yang rawan longsor terletak di Kecamatan Bareng dan Wonosalam, karena tempat tersebut terletak di lereng Gunung Anjasmoro dan wilayah perbukitan gunung arjuna.(elo)