Prof. Madya dr. Azriyanti Binti Anuar Zaini  (atas) yang  merupakan spesialis Pediatrik Endokrinologi dari UMSC (UM Specialist Centre). pada event Malaysia Healthcare Virtual Week 2021.

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Malaysia Healthcare menyelenggarakan rangkaian webinar series dalam acara Malaysia Healthcare Virtual Week 2021. Acara yang diadakan selama 3 hari dari 10-12 September secara virtual ini dihadiri oleh dokter spesialis dan juga pakar kesehatan dari rumah sakit di Malaysia.

Salah satu seri zoom yang menarik di event tersebut,  bertemakan “Tumbuh Kembang Anak Lambat, Kapan ke Dokter?” yang menghadirkan pembicara Prof. Madya dr. Azriyanti Binti Anuar Zaini yang  merupakan spesialis Pediatrik Endokrinologi dari UMSC (UM Specialist Centre).

dr. Azriyanti menjelaskan, tumbuh kembang anak amatlah penting, seiring dengan perkembangan anak, mereka akan menghadapi fase pertumbuhan secara fisik maupun emosional, tentunya orang tua perlu memastikan anak tumbuh berkembang secara optimal, oleh karena itu peran orang tua disaat ini amatlah penting.

“Tumbuh kembang anak tidak hanya dari perubahan fisik dari balita ke remaja, tapi juga perubahan secara emosional, ini semua akan berpengaruh kepada cara berpikir mereka, berprilaku, hingga cara berbicara. Setiap kanak-kanak tumbuh berbeza maka peran orang tua amatlah penting, harus bisa memantau tumbuh kembang anak mereka dengan cara melihat, mencatat, apakah pertumbahan anak berjalan dengan normal, jika tidak, berarti harus ada yang diwaspadai” jelas dr. Azriyanti.

Instagram UMSC (UM Specialist Centre) yang terletak di Kuala Lumpur ini memiliki sejumlah fasilitas yang membuat pasien merasa nyaman, misalnya tersedianya Jabatan Pasien Internasional dan staf yang bisa berbahasa Melayu.

Untuk mendukung perkembangan anak, kata dr. Azriyanti, tentunya harus diimbangi dengan kecukupan gizi, menyajikan makanan sehat dan kaya akan vitamin sangat dibutuhkan, selain itu, tidur yang mencukupi dan cara hidup sehat dengan bersenam sangat penting agar dapat mencegah penyakit seperti misalnya kekurangan nutrisi, obesitas, ataupun diabetes tipe 2 pada anak. Jika ini semua terjadi maka akan menyebabkan gangguan bagi pertumbuhan anak, tidak hanya fisik, bahkan bisa menyerang intelektual anak.

dr. Azriyanti yang sering menangani tumbuh kembang anak mengungkapkan, parameter pertumbuhan anak haruslah diperhatikan dari kecil hingga remaja. Para dokter biasanya akan meneliti pertumbuhan dengan mencatat tumbuh kembang di dalam carta tumbesaran (growth chart). Sekiranya anak tidak tumbuh dengan baik, dokter akan lakukan ujian untuk mencari punca mengapa tumbesaran lambat.

“Banyak faktor kenapa anak tumbuh lambat. Kebiasaannya nutrisi yang tidak cukup, masalah kesehatan seperti masalah jantung atau hati dari kecil, anak lahir terlalu kecil, sindrom Turner, sindrom Russel-Silver, hipotiroid serta masalah hormon tumbuh atau growth hormone deficiency,” ungkap dr. Azriyanti

Tumbuh kembang yang baik boleh dilihat mengikut carta tumbuh. Selain itu anggaran tumbuh kanak-kanak umur 2-4 tahun adalah 7-10cm/y., 5-10 tahun adalah lebih kurang 5-7cm/yr, dan waktu remaja tumbuh 8-12cm/yr sehingga matang.

Ia juga memaparkan, apabila anak tidak tumbuh kembang dengan baik, bisa tidak sama dengan kenalan yang lain, seperti terlalu pendek di kelas, kerap lelah, terkesan hingga psikologi terganggu, orang tua patut rasanya bawa anak untuk berkonsultasi ke spesialis dan memeriksaan kondisi anak itu.

“Pemeriksaannya pun tidak sembarangan, akan ada beberapa rangkaian tes yang akan dilakukan, misalnya tes darah untuk hormone tumbuh, tiriod, genetic (karyotype) dan scan MRI otak. Selain itu tes xray tangan juga perlu supaya nanti rawatan yang betul boleh dimulakan. Disini peran orang tua juga penting untuk dapat mendukung anak,” katanya.

“Terakhir saya berpesan kepada orang tua, agar terus memantau keadaan anak kapanpun apalagi fase balita yang memang sedang aktif-aktifnya, catat setiap perkembangan anak, sehingga kelainan maupun keterlambatan yang mungkin terjadi dapat terdeteksi sedini mungkin” pungkas dr. Azriyanti

UMSC (UM Specialist Centre) yang terletak di Kuala Lumpur ini memiliki sejumlah fasilitas yang membuat pasien merasa nyaman, misalnya tersedianya Jabatan Pasien Internasional dan staf yang bisa berbahasa Melayu, ini memudahkan pasien dalam melakukan komunikasi dan juga konsultasi, tidak heran UMSC (UM Specialist Centre) merupakan salah satu rumah sakit favorit masyarakat Indonesia Ketika berobat ke Malaysia, jaraknya pun sangat terjangkau dan mudah diakses.

Webinar series Malaysia Healthcare Virtual Week 2021 ini memiliki berbagai macam tema, info lengkap silahkan mengunjungi www.mhvirtualweek.org dan info mengenai UMSC (UM Specialist Centre) dapat mengunjungi website https://umsc.my/ atau ke media sosial UMSC. @Rudi

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here