Dr. S.Selva, dokter Spesialis Kandungan dan Reproduksi dari Mahkota Medical Centre.

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Dalam rangkaian webinar yang diselenggarakan Malaysia Healthcare Virtual Week 2021 yang berlangsung tanggal 10-12 September 2021, salah satu series yang menarik bertema “Perawatan HIFU Untuk Fibroid & Adenomiosis” yang menghadirkan pembicara Dr. S.Selva, dokter Spesialis Kandungan dan Reproduksi dari Mahkota Medical Centre.

Dalam webinar kesehatan ini Dr. Selva menjelaskan teknologi HIFU (High Intensity Focused Ultrasound) menggunakan energi suara terfokus untuk memanaskan dan menghancurkan jaringan yang ditargetkan.

Ini digunakan untuk mengobati banyak kondisi medis, seperti batu ginjal, katarak, gangguan neurologis, nodul tiroid jinak, penyakit prostat, tumor padat, dan juga digunakan dalam terapi paliatif. Dalam ginekologi, teknologi HIFU dapat digunakan untuk mengobati masalah kesuburan wanita seperti fibroid rahim, dan adenomiosis.

“Jika kita berbicara secara teknis, teknologi HIFU ini cukup kompleks, karena menggunakan energi suara terfokus. Cara kerjanya adalah dengan memanaskan dan menghancurkan jaringan yang akan ditargetkan, biasanya teknologi ini digunakan untuk pengobtan batu ginjal, katarak, tiroid dan juga digunakan untuk pengobatan fibroid rahim, dan adenomyosis” jelas Dr.Selva

Perawatan Fibroid Rahim menggunakan HIFU

Seperti yang diketahui, saat ini penyakit yang berhubungan dengan kesuburan sangatlah banyak dan kompleks, salah satunya adalah fibroid rahim. Penyakit ini terkadang tidak menimbulkan gejala, namun terkadang menimbulkan beberapa gejala yang ringan hingga berat, misalnya perut sakit, menstruasi tidak teratur, sakit pinggang, susah buang air kecil hingga susah hamil.

“Fibroid Rahim merupakan penyakit yang disebabkan kelainan pada rahim, biasanya berbentuk benjolan di dalam rahim. Untuk perawatan tidak hanya minum obat, namun ada juga tindakan operasi jika memang fibroid tersebut ukurannya besar dan membuat pasien tidak nyaman, teknologi, teknologi HIFU menggunakan pendekatan yang sepenuhnya non-invasif untuk ablasi atau penyusutan adenomioma dan alternatif untuk operasi pengangkatan fibroid rahim. Transduser ultrasound intensitas tinggi mengarahkan gelombang suara ke lokasi tertentu, meningkatkan suhu lokal jaringan dari 60°C menjadi 80°C, menghasilkan nekrosis koagulatif jaringan,” jelasnya.

“Saya menyarankan kepada pasien yang memiliki gejala seperti diatas dan ada rasa tidak nyaman agar melakukan medical checkup terlebih dahulu, diperiksakan, apakah hanya penyakit biasa atau merupakan gejala fibroid rahim, jika sudah tau sakitnya apa maka dokter bisa tau apa tindakan selanjutnya, apakah harus minum obat, ataupun melakukan operasi” tambah Dr. Selva

Sementara itu, Chin Wei Jia, Group CEO HMI Group menjelaskan, Mahkota Medical Centre menjadi fasilitas medis pertama di negara Malaysia yang memperkenalkan teknologi high-intensity terfokus ultrasound (HIFU), untuk pengobatan fibroid rahim dan adenomiosis.

Dengan didirikannya teknologi HIFU ini, Mahkota Medical Centre mengubah lanskap perawatan untuk wanita secara nasional, menawarkan pilihan perawatan mutakhir non-invasif dengan hasil positif yang terbukti secara klinis, yang juga menjaga kesuburan mereka.

“Sebagai pusat medis yang memprioritaskan layanan medis berkualitas tinggi, kami berusaha menemukan cara baru untuk memberikan hasil yang lebih baik demi kepentingan terbaik pasien kami. Pengenalan layanan HIFU membawa kami selangkah lebih dekat untuk meningkatkan perjalanan pasien kami menuju pencapaian hasil yang lebih baik. Pada akhirnya, kami berkomitmen untuk terus mengikuti tren terbaru dalam industri dengan menghadirkan lebih banyak fasilitas canggih untuk menawarkan perawatan terbaik bagi pasien kami” kata Chin Wei Jia.

Pelayanannya yang diintegrasikan dengan pemanfaatan sistem teknologi, memudahkan pasien dalam melakukan penjadwalan konsultasi, apalagi dengan staff yang bisa berbahasa Indonesia, membuat Mahkota Medical Centre salah satu rumah sakit pilihan masyarakat Indonesia ketika ingin berobat ke Melaka.

Bagi anda yang mengalami kesuburan dan ingin berobat di Mahlota Medical Centre bisa mengunjungi www.mhvirtualweek.org atau dapat mengunjungi website https://www.mahkotamedical.com/. @Rudi

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here