Bamsoet Minta Jurnalis Tekan Berita Hoax 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat berada di sekretariat Peduli Jurnalis, Pejaten Raya, Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta kepada jurnalis untuk menekan berita hoax. Hal ini dikatakan Bambang Soesatyo usai berdonasi ke sekretariat Peduli Jurnalis di Pejaten Raya, Jakarta, Sabtu lalu (16/5/2020).

Ketua MPR RI mengatakan sejumlah pihak terimbas secara ekonomi akibat pandemi Corona (Covid-19), termasuk para jurnalis.

Oleh karena itu, dirinya tergerak hatinya memberikan bantuan 100 paket sembako berupa mie instant, ayam beku, vitamin dan hand sanitizer diberikan melalui Gerakan Peduli Jurnalis (GPJ) yang diterima langsung oleh ketuanya, Andi Arif.

“Sama seperti dokter atau tenaga medis, jurnalis merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar virus Covid-19. Sebab, di saat orang lain bisa bekerja dari rumah, wartawan harus tetap berkeliling dan bertemu banyak orang untuk dapat menyajikan berita yang akurat ke masyarakat. Namun, di sisi lain banyak kawan-kawan jurnalis yang gajinya dipotong oleh perusahaan tempatnya bekerja karena terdampak pandemi Covid-19,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet.

Baca:  Antisipasi Daging Gelonggongan dan Ayam Tiren, Satgas Pangan Mulai Bergerak

Bamsoet yang didampingi Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad ini mengingatkan, jurnalis memiliki kewajiban untuk menyampaikan berita akurat terkait perkembangan pandemi Covid-19. Penyebaran segala informasi hoax harus dihentikan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kanan) di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta.

“Saat ini informasi mengenai Covid-19 menjadi informasi yang sensitif dan rawan menyulut kepanikan di masyarakat. Karenanya, segala bentuk penyebaran berita hoax sangat tidak dibenarkan. Menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menangkal serta tidak menyebarkan berita hoax,” ungkapnya.

Mantan wartawan ini menyayangkan trend penyebaran berita hoax yang terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga akhir bulan April 2020, berita hoax terkait pandemi Covid-19 sudah lebih dari 600 berita.

“Penyebaran berita hoax pandemi Covid-19 harus dihentikan. Aparat penegak hukum harus mengusut dan menindak tegas pelaku penyebaran berita hoax. Pemerintah pusat dan daerah juga harus lebih intens mengedukasi masyarakat mengenai informasi Covid-19 serta menjaga komunikasi publik yang komprehesif guna menangkal berita hoax yang terus beredar,” pungkas Bamsoet.

Baca:  138 Jamaah Umrah Ikut Keberangkatan Konsorsium ASPHURINDO

Kedatangan Bamsoet dan Fadel Muhammad ini ke Posko GPJ yang liput sejumlah wartawan ini merupakan tindak lanjut masukan dari wartawan terdampak pandemi Corona dan Komunitas Sahabat Kartini yang dipimpin Rani Anggraini Safitri dimana Hana Hasanah, istri Fadel Muhammad juga merupakan pengurus Komunitas Sahabat Kartini.

Bantuan dari Bamsoet ini menggenapi bantuan yang datang dari berbagai kalangan, baik perorangan maupun perusahaan. Tercatat, untuk pembagian paket sembako di tahap keempat ini, Fariz RM Manajemen, Sahabat Kartini dan Yayasan Baahirah, Stun Ic PR, Wali Care, PT Sasa Inti, Okky Jelly Drink, Sedekah Wakaf Air dan sejumlah donatur lainnya. @Rudi