Kades Marobea Kembali Salurkan BLT-DD Tahap 2

MUNA BARAT, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap II kepada ratusan Kepala Keluarga (KK). Jumat, (22/5/2020).

Pekan lalu tepatnya 13-14 Mei 2020 Pemdes Marobea telah menyalurkan BLT DD tahap pertama kini Kepala Desa Marobea Muslimin Salim kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada warga yang mengalami dampak pandemik covid-19.

Pemerintah Marobea mengalokasikan BLT DD sebesar 30 % dari Dana Desa tahun 2020 yaitu sebesar Rp. 334.748.400. Adapun total Penerima BLT DD untuk Desa Marobea adalah 167 KK. Selain itu masyarakat Marobea juga menerima BST Kemensos sebanyak 40 KK, penerima PKH adalah 46 KK dan penerima BPNT adalah 99 KK .

Penyerahan bantuan BLT berlangsung di Balai pertemuan Desa Marobea BLT dan disaksikan oleh Tenaga Ahli PSD P3MD Mubar, Anggota Babinkamtibmas Polsek Sawerigadi ,Ketua BPD Desa Marobea serta Pendamping Desa

Baca:  Cegah Corona, Politisi Demokrat Minta Pemerintah untuk Menutup Akses Penyebrangan Laut dan Udara di Wilayah Pulau Muna

Dalam sambutanya, Muslimin Salim meminta kepada masyarakat penerima BLT-DD ini untuk memanfaatkan bantuan ini dalam memenuhi kebutuhan pada saat menjelang Idul Fitri ditengah Pandemik Covid-19. Selain itu pemberian bantuan ini sebagai wujud perhatian pemerintah dalam rangka menghadapi Pandemik Covid-19 dengan harapan londisi ekonomi rakyat akan tetap stabil .

“Manfaatkanlah bantuan ini dengan sebaik – baiknya bantuan. Janganlah melihat nilai besar kecilnnya tapi lihat betapa besar kepedulian pemerintah terhadap rakyatny,”ujar Cak imin sapaan akrabnya.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pekarangan rumah apalagi dalam menghadapi musim hujan ini. Bahkan dirinya telah menjadikan hari minggu sebagai hari bakti desa. Tentunya semua masyarakat desa marobea wajib hukumnya membersihkan pekarangan rumahnya masing – masing apalagi hal ini dipertegas didalam Undang – Undang Desa No 6 Tahun 2014 Tentang Desa pasal 68 Ayat (2) huruf (a) Bahwa sebagai masyarakat desa itu mempunyai kewajiban untuk membangun diri dan memelihara lingkungan desa.

Baca:  Pemkab Mubar Larang Kades Ganti Perangkatnya Agar Tidak Menimbulkan Polemik

Usai penyerahan BLT DD Kades Marobea bersama petugas Pos Kambara sebagai salah satu Penyalur BST Kemensos RI melanjutkan penyerahan Bantuan dari Kemensos dengan mendatangi para penerima manfaat yang kondisi fisiknya sudah tidak dimungkinkan lagi untuk diterimakan di kantor Pos.

“saya berinisiatif untuk mengantarkan langsung dan alhamdulilah pihak penyalur dalam hal ini pihak Pos Kambara merespon untuk dilakukan,” jelasnya.

Apalagi ini sebagai bagian dari tanggung jawab pemerintah kepada rakyatnya dalam memberikan pelayanan yang prima,”terang Cak Imin.

Untuk BST Kemensos telah dicairkan kepada penerima manfaat untuk bulan april telah disalurkan melalui rekening penerima dan PT POS sedangkan untuk penerima manfaat yang terdaftar di BPNT tambahan diminta untuk bersabar karena masih dalam proses pembuatan rekening secara kolektif .

Ia, atas nama pemerintah desa marobea mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada;
1. Bapak Presiden Dan Wakil Presiden RI yg telah menginstruksikan tentang Program BLT dalam rangka menghadapi Pandemik CoviD 2 2

Baca:  Bupati Mubar Tinjau Posko Covid-19 di Wilayah Perbatasan Muna - Mubar

2. Bapak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang telah menerbitkan regulasi program BLT DD ataupun penyaluran BLT DD kepada kasyarakat penerima manfaat karena denganndengan adannya dampak Pandemik Covid-19 .

3. Bapak Menteri Sosial yang telah menerbitkan regulasi program Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan PKH kepada masyarakat penerima manfaat dengan adannya pandemik Covid-19
4. Bapak Bupati Muna Barat yang telah memberikan instruksi dalam proses percepatan penyaluran BLT DD kepada masyarakat penerima manfaat.

Dalam pandemik Covid 19 dan momentum bulan suci ramadhan ini desa marobea mendapatkan berbagai sumber bantuan paket sembako untuk diserahkan kepada para lansia dan anak yatim piatu yang sumber bantuannya dari Bapak Gubernur Sultra yang memberikan 10 Paket Sembako, serta dari komunitas tim sedekah sebanyak 29 paket sembako, KNPI Mubar sebanyak 20 paket sembako dan 5 paket sembako dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar,” tutupnya. (Akhir Sanjaya)*