Kapolda, Irjen Fadil Imran Bersama Forkopimda Jatim Tinjau Dua Kampung Tangguh di Waru Sidoarjo

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur terdiri dari Kapolda Jatim, Irjen Pol M Fadil Imran bersama Sekda Provinsi Jatim Heroe Tjahjono dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Irsyansyah tinjau kesiapan dua kampung tangguh di Desa Pepelegi dan Desa Waru, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Selasa (26/5/2020) malam.

Disela kesibukannya, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menjelaskan, pihaknya ingin memastikan kesiapan sarana dan prasarana kampung tangguh dua desa setelah warganya berjumlah 34 orang dinyatakan terpapar Covid-19.

“Kampung tangguh ini sebagai titik terdepan untuk mencegah perkembangan Covid-19 serta untuk mengatasi permasalahan sosial lainnya,” jelas Kapolda Jatim, Irjen Pol M Fadil Imran di lokasi.

Baca:  Peras Pejabat Gresik, Dua Oknum LSM Asal Sidoarjo Diamankan Tim Saber Pungli

Fadil juga menyampaikan untuk membentuk kampung tangguh sebagai upaya mandiri tersebut mendapat antusiasme dan respons dari warga dua desa. Karena kampung tangguh sendiri guna untuk mengatasi Covid-19 serta dampak sosial yang ditimbulkannya.

“Tentunya ke depan kita semua harus optimis bahwa penyebaran COVID-19 di Sidoarjo akan dapat dan bisa dikendalikan jika prinsip-prinsip dasar penerapan kampung tangguh bisa dilaksanakan oleh seluruh Kelurahan dengan berbasis RW,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Fadil memaparkan bahwa kedisiplinan warga merupakan salah satu kunci untuk memutus penyebaran Covid-19. Sebab, jika masyarakat tidak menerapkan kedisiplinan, menurutnya sulit untuk menurunkan angka Covid-19 di Jawa Timur.

“Dengan menerapkan kedisplinan adalah kunci keberhasilan dari upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tak hanya itu saja, warga juga harus guyub rukun serta gotong royong untuk saling mengingatkan antar warga yang satu dengan warga yang lain,” imbuh Jenderal bintang dua ini.

Baca:  Hari Remaja International, Pemkab Gresik Melaunching Kader Kesehatan Remaja

Lanjut Fadil, untuk memberikan efej jera kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah. Maka ke depannya akan ada tim yang terdiri dari Satpol PP, Koramil, dan Polsek akan melakukan pengamanan berlapis dan penindakan di kampung, di jalan umum dan di tempat tempat keramaian.

“Jadi nanti penindakannya di kampung-kampung. Tidak hanya di jalan umum dan tempat keramaian saja,” tandasnya. Ady