Kapolsek Karanggeneng Apresiasi Pemdes Sumberwudi Saat Tinjau Kesiapan Kampung Tangguh Covid-19

Kapolsek Karanggeneng, AKP Sunaryono (berdiri paling ujung) meninjau kesiapan Kampung Tangguh di Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng. foto: omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Kapolsek Karanggeneng, AKP Sunaryono didampingi Kanit Binmas, Bripka Herwanto dan Bhabinkamtibmas Bripka Nur Said meninjau Kampung Tangguh tepatnya di Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jum’at (29/5/2020)

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek bertatap muka dengan aparatur Pemerintah Desa Sumberwudi untuk memeriksa kesiapan Desa Sumberwudi menjadi Kampung Tangguh sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Kapolsek juga menerima penjelasan dari pemerintah desa melelalui Kepala Desa Sumberwudi, Syukuri yang menjelaskan tentang partisipasi masyarakat melalui keaktifannya dalam proses penjagaan di tiga pos yang sudah ditetapkan. Desa Sumberwudi memiliki tiga dusun, yaitu Glogok, Sumberwudi dan Semperat. Pada masing-masing pos juga tersedia nomor telepon penting dan daftar jaga serta buku mutasi.

Baca:  Pemusnahan Barang Bukti Miras

“Semua tercatat dengan rapi warga yang keluar masuk Kampung Tangguh. Sesama warga saling mengingatkan untuk memakai masker,” kata Kapolsek Karanggeneng, AKP Sunaryono saat meninjau Kampung Tangguh Desa Sumberwudi.

Orang nomor satu di Kepolisian Karanggeneng itu juga meninjau lumbung pangan yang digunakan untuk menyimpan sembako dari masyarakat. Nantinya, diperuntukan kepada warga yang kurang mampu. Selanjutnya, ruang observasi Covid-19 yang dijaga oleh bidan siap melayani masyarakat yang sakit. Ruang tersebut berisi lengkap alat kesehatan. Warga yang mengalami sakit serius langsung dirujuk ke Puskesmas Karanggeneng.

Peninjauan itu, sambung Sunaryono, merupakan bentuk kepedulian Polsek Karanggeneng dalam mengecek kesiapan desa yang sudah ditetapkan menjadi Kampung Tangguh. Sehingga dengan adanya pengecekan itu, nantinya bisa dilihat apa saja yang kurang. Dan dapat dimaksimalkan peranan Kampung Tangguh dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di Karanggeneng dan wilayah Kabupaten Lamongan.

Baca:  Lima Penyidik KPK Datangi Kantor BPN Jombang, Untuk Minta Data Aset Mantan Bupati Nganjuk

Sunaryono menambahkan, Kampung Tangguh sangat ampuh memutus rantai penyebaran rantai COVID-19. Sebab warga juga dilatih dan digandeng untuk bersama-sama memutus penyebaran virus corona. Seperti diantaranya dengan mematuhi protokol kesehatan. Yakni dengan mewajibkan warga menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir yang sudah disediakan.

“Masyarakat yang ada di Kampung Tangguh, dilatih untuk mandiri dalam hal penanggulangan wabah virus corona. Sehingga dapat bersama-sama memutus rantai penyebaran COVID-19 di lingkungannya sendiri dan di desanya,” pungkasnya. (omdik/fer)