Kabar Gembira, di Kampung Isolasi Jati Sidoarjo Ada 8 Pasien yang Dinyatakan Sembuh

Dua pasien dari 8 orang yang sudah di nyatakan sembuh
Dua pasien dari 8 orang yang sudah di nyatakan sembuh

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 542 jiwa, yang terbagi dalam 158 Kepala Keluarga tiga RT di RW 12 Desa Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, yang di lock down sejak (18/05) lalu. Kini ada 8 pasien yang sudah di nyatakan sembuh dari virus dan diperbolehkan pulang.

Dari data yang ada, kawasan yang diisolasi mandiri tersebut, awalnya ada pasien terkonfirmasi corona, kisaran pada (16/04) sehingga pada bulan Mei area tersebut harus menerapkan lock down area, guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Untuk memotivasi penerapan SOP protokol kesehatan PDP, ODP dan yang terkonfirmasi positif, Forkopimda Sidoarjo dirikan kampung tangguh. Manfaat dan hasil dari kampung tangguh tersebut hasilnya sangat luar biasa, angka penyebaran virus menurun signifikan dari grafik Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid 19 Satgas setempat.

Baca:  Tahapan Eksplorasi Migas di Jombang Tidak Ada Pelanggaran Perda

Dengan menurunya grafik di area lock down, serta banyak pasien yang sembuh, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji turun langsung, untuk memantau dan memberikan motivasi pada pasien yang terbebas dari virus, untuk tetap semangat dan bisa memotivasi warga lainya tentang SOP protokol kesehatan.

“Hasil dari kampung tangguh ini luar biasa, tercatat dari grafik yang ada, turunya signifikan, ini tak lepas dari peran serta foropimka, relawan serta kepatuhan warga RW 12,”papar perwira melati tiga tersebut, Jumat(29/05/2020)

Pihaknya menambahkan,”dalam jarak dekat ini, Forkopimda sepakat akan melombakan kampung tangguh yang ada di Kabupaten Sidoarjo di nilai dari evaluasi penurunan angka penyebaran yakni yang sakit sembuh, yang sembuh diupayakan tidak masuk daftar PDP atau terpapar,”tambahnya.

Baca:  Kurtubi dan LAPAN Serahkan Bantuan ZPPI ke Nelayan

Di area posko, tampak hadir dua pasien yang terkonfirmasi corona yang sudah dinyatakan sembuh oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo.

Yasmina warga setempat dari RT 08 RW 13, pasien yang dinyatakan positif corona kini sudah diijinkan pulang setelah menjalani isolasi di Rumah Sakit sekitar dua pekan lalu.

“Alhamdulillah saya sudah dinyatakan sehat oleh dokter, setelah menjalani isolasi di Rumah Sakit dua minggu,”ujarnya.

Pasien yang lain, Wagianto dari area yang sama juga menyatakan gembira dan senang hati karena dinyatakan sudah terbebas dari virus.

“Dengan senang hati, saya dinyatakan sembuh oleh dokter, ada sedikit pesan bagi warga yang masih sehat, untuk supaya benar – benar menerapkan protokol kesehatan dan jangan anggap remeh pandemi ini,”paparnya.

Baca:  Kementerian Perhubungan Menunda Sementara Penerbangan dari dan ke RRT

Sedangkan, untuk kebutuhan pangan sehari-hari, kampung yang di lock down tersebut, di suplai dari Forkopimda, Forkopimka dan bantuan dari pihak lain yang berdonasi.

Untuk penerapan Physical Distancingnya, tiap RT dipantau oleh CCTV yang dipusatkan di Pos Satgas Relawan Covid yang terletak di luar gang kampung. Serta, barang kali ada warga yang sedang bergerombol akan ditegur melalui speaker pengeras yang telah dipasang di tiap-tiap gang.(Irw)