Banyak Yang Ketakutan, Surabaya Butuh Rumah Sakit Non Covid 19

SURABAYA KANALINDOENSIA.COM : Wakil ketua komisi E DPRD Jatim Artono mengatakan pihaknya berharap agar Pemprov Jatim menyediakan rumah sakit umum khusus non pasien Covid-19.

“ Sekarang ini hampir mayoritas rumah sakit di Jatim beralih fungsi untuk penanganan Covid-19 sehingga pasien non Covid-19 tak terlayani. Hal ini harus diperhatikan oleh Pemprov Jatim,”ungkap politisi PKS ini saat dikonfirmasi di Surabaya, selasa (2/5/2020).
Diakui oleh Artono, dari serap aspirasi masyarakat, banyak pasien umum non Covid-19 mengeluhkan adanya pemeriksaan protokol Covid-19 untuk pasien penyakit lainnya.
“ Padahal tidak sakit Covid-19 tapi harus menjalani pemeriksaan protokol Covid-19. Ini membuat pasien umum akhirnya takut untuk memeriksakan sakitnya di rumah sakit,”jelasnya.
Artono mengatakan jika saat ini tidak memungkinkan untuk membuat rumah sakit baru untuk pasien non Covid-19, idealnya bisa memaksimalkan peran klinik atau puskesmas yang ada di Jatim.
“ Kalau membuat rumah sakit baru tentunya perijinan dan penyediaan peralatan akan membutuhkan waktu lama sehingga Pemprov bisa memaksimalkan puskesmas dan klinik yang ada di Jatim untuk melayani pasien umum non Covid-19,”jelasnya.
Diungkapkan oleh pria asal dapil Jember-Lumajang ini, puskesmas dan klinik yang ada di Jatim bisa dimaksimalkan untuk melayani pasien umum non Covid-19 dengan persyaratan seluruh fasilitas untuk dilengkapi untuk penanganan penyakit non Covid-19. nang

Baca:  Wabup Trenggalek Tegaskan Serius Kembangkan Ekonomi Seputaran Selingkar Wilis