Jatim Perlu Tiru Kota Tegal Yang Sukses Putus Sebaran Covid-19

SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar mengatakan pihaknya berharap agar Pemkab atau Pemkot di Jatim melakukan studi banding ke kota Tegal dalam penanganan Covid-19.

“ Walikota Tegal dipuji dunia telah berhasil memutus pandemi Covid-19. Layaknya kepala daerah di Jatim mencontoh atau melakukan studi banding di sana mengingat pandemi Covid-19 di Jatim tak kunjung turun. Apa salahnya mencontoh untuk kebaikan,”ungkap politisi asal Partai Demokrat ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (3/6/2020).

Diungkapkan mantan Birokrat ini, diakui kalau masing-masing daerah memiliki perbedaan namun bisa disesuaikan dengan masing-masing daerah di Jatim. “Bisa dicontoh namun untuk disesuaikan dengan masing-masing daerah di Jatim. Yang penting bisa menimba ilmu bagaimana Tegal berhasil memutus pandemi Covid-19,”jelasnya.

Baca:  Akhirnya Dua Kursi Kosong DPRD Magetan Terisi, Suryadi dan Catur Dilantik

Sekedar diketahui, Walikota Tegal Dedi Yon Prayono mendapat penghargaan Internasional dari Media luar Negeri Vice sebagai salah satu pemimpin lokal di dunia yang sukses melawan Covid-19 kali pertama di Indonesia.

Perusahaan media dan penyiaran digital Kanada yang berbasis di Amerika secara khusus mengulas bagaimana walikota Tegal Dedi Yon Prayono berani mengambil keputusan yang lain dari daerah lainnya untuk melawan virus Covid-19.
Mantan anggota DPRD Jateng tersebut memutuskan untuk menerapkan lockdown atau mengunci wilayah selama empat bulan lamanya. Keputusan tersebut menuai perhatian publik.

Keputusan tersebut menjadi perbincanhan internasional, mengingat ketika pandemi Covid-19, pemerintah pusat belum mengambil langkah tersebut dikala daerah lainnya termasuk pemerintah pusat masih memikirkan banyak pertimbangan.
Pemerintah pusat memilih untuk menerapkan sosial distancing atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehari setelah Deddy yon Prayono tetapkan Lockdown di daerah kekuasaannya 31 Maret oleh Presiden Jokowi di Istana Bogor. Nang

Baca:  DPO Satresnarkoba Polres Jombang, Berhasil Diamankan