Pansel Penerimaan Anggota Polri 2017 Melakukan Pengambilan Sumpah Melalui Video Conference

KANALINDONESIA.COM : SLEMAN – Bertempat di ruang Vicon Kapolda DIY, Panitia Seleksi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2017 Polda DIY melakukan pengambilan sumpah yang dilakukan oleh As SDM Mabes Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto, melaui video conference, Selasa (21/2/2017)pagi.

Dalam sambutan Asisten SDM Mabes Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto menyampaikan harapannya dengan diawali pengambilan sumpah kepada seluruh panitia seleksi penerimaan polri yang terlibat, seluruh proses kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses dengan menjungjung tinggi prinsip betah sehingga memperoleh sumber daya manusia polri yang berkualitas.

“Saya mengingatkan kepada semua anggota panitia untuk tidak melakukan tindakan yang menyimpang, selain kita telah diambil sumpah, juga ada tim dari div propam untuk melakukan pengawasan proses seleksi penerimaan polri ini”, tegasnya saat memimpin kegiatan Pengambilan Sumpah di Mabes Polri Jakarta.

Sementara, Kepala Biro SDM Polda DIY Kombes Pol H. Nazirwan Adji Wibowo, S.I.K., M.Si., kembali menegaskan kepada seluruh panitia tidak melakukan penyimpangan pada proses seleksi penerimaan tahun 2017 ini. Lanjut mantan Karo SDM Polda Banten tersebut berharap semua tim seleksi harus saling sinergitas antar tim maupun antar anggota tim untuk menghindari adanya kekeliruan oleh panitia.

Pada seleksi penerimaan anggota polri tahun 2017 ini menerapkan One day service (pelayanan satu hari) dimana saat itu juga proses pengumuman penilaian hasil ujian seleksi terhadap peserta seleksi diberikan atau dipaparkan.

“Jadi tidak mengendap dan langsung diberikan hasilnya”, pungkasnya.S

edangkan dalam pengambilan sumpah tersebut di ikuti oleh seluruh panitia penerimaan anggota polri jajaran polda se-Indonesia.

“Untuk di jajaran Polda DIY, Polda DIY bekerjasama dengan pihak eksternal di luar polri untuk turut mengawasi jalannya proses seleksi dari awal hingga tahap akhir. Polda DIY menggandeng dari Instansi Dikpora DIY yakni Bambang Purwanto sebagai pengawas administrasi pemberkasan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota Polri dan mengawasi pada tahapan ujian akademik. Pada tahapan ujian Jasmani Biro SDM Polda DIY menggandeng dari Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY yakni Jaka Sunardi, kemudian menggandeng dari Pusat Studi Forensika Digital UII Yogyakarta oleh Doni Pradani, lalu menggandeng Himpsi DIY yang diwakilkan oleh Santi E Purnamasari Psikologi UMBY, dan terakhir menggandeng Ikatan Dokter Indonesia yakni dr. Diah Prasetyorini,” pungkasnya.(yanuar)