Sejumlah Masjid di Kelurahan Kayu Putih Gelar Shalat Jumat Dengan Ikuti Protokol Kesehatan

Sholat jumat di Masjid ikuti Protokol kesehatan
Sholat jumat di Masjid ikuti Protokol kesehatan

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM : Pelaksanaan ibadah Shalat Jum’at di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur digelar dengan protokol kesehatan guna pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Lurah Kayu Putih Artika Ristiana mengatakan, protokol kesehatan diterapkan pada pelaksanaan ibadah shalat Jumat pertama dilakukan setelah 12 minggu tempat ibadah di Provinsi DKI Jakarta ditutup demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Sebanyak 21 dari 28 masjid yang telah menggelar shalat Jum’at di Kelurahan Kayu Putih dengan mengedepankan protokol kesehatan. Adapun protokol kesehatan yang dilakukan yaitu penyediaan sarana cuci tangan, pengukur suhu tubuh, garis pembatas saf berjarak dan cairan cuci tangan (hand sanitizer) dan membawa perlengkapan salat dari rumah.

Baca:  Tangkal Covid-19, Begini Cara Bikin Hand Sanitizer

“Tak hanya itu para DKM juga kita imbau memberlakukan satu pintu masuk dan keluar masjid. Diharapkan, selain ibadah shalat Jum’at ini membawa keberkahan, agar virus corona sirna,” kata Artika, saat dikonfirmasi, Jum’at (5/6/20).

Artika menjelaskan, perlunya evaluasi berlangsungnya ibadah shalat Jumat kedepannya di masa transisi usai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pasalnya, pembatasan kapasitas dapat menimbulkan warga untuk tetap memaksa menjalankan shalat.

“Masih dalam tahap evaluasi. Jika masjid sudah sesuai kuota, apakah diizinkan untuk mendirikan tenda di halaman masjid untuk antisipasi jamaah yang datangnya terlambat,” pungkasnya.@wn