Launching Kampung Tangguh Semeru di Krian Sidoarjo, Suguhkan Simulasi Penanganan Pasien Covid

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji melaunching Kampung Tangguh Semeru di Desa Jeruk Gamping, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (11/6/2020).

Bertempat di Perumahan Mandiri Residence Kampung Tangguh Demeru direalisasikan, di hadapan Kapolresta Sidoarjo dan PJU serta pejabat Forkopimka Krian, Satgas relawan covid desa setempat menggelar simulasi sosialisasi pencegahan covid dengan keliling desa memakai kendaraan siaga dan pengeras suara, dikawal Babinsa dan Babinkhamtibmas setempat.

Simulasi dilanjutkan dengan teatrikal terpaparnya warga yang mendadak pingsan akibat terkonfirm corona.

Dengan sigap, Satgas relawan covid bersama tim medis, perangkat desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung melakukan evakuasi korban untuk dibawa ke rumah sakit guna perawatan lebih lanjut.

Baca:  Edarkan Pil Koplo, Dua Pemuda Ponorogo ini Diamankan Unit Reskrim Polsek Sambit

Kepada wartawan, Kepala Desa Jeruk Gamping, H.Lubis menyampaikan, dengan dibukanya Kampung Tangguh Semeru di area yang di komandoinya, ia bersama warga sepakat untuk menyelaraskan persepsi himbauan serta anjuran dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka memutus mata rantai corona untuk mengedukasi masyatakat, dalam rangka menuju era new normal dalam masa transisi ini.

“Kita sangat mendukung program pemerintah dalam upaya penanganan pencegahan COVID-19, di wilayah Krian, tampilan simulasi tadi itu merupakan cermin Satgas relawan covid Krian sehari – hari,”kata dia.

Saat event, Camat Krian Agus Maulidi menjelaskan, bahwa dalam simulasi tersebut sebagai wujud kesiapan warganya dalam penerapan SOP penanganan Covid-19. Melalui terbentuknya sebanyak 22 posko Kampung Tangguh Semeru di Kecamatan Krian.

Baca:  Dalam Sepekan Satresnarkoba Polresta Sidoarjo Amankan 40 Pengedar

“Launching dari 22 posko Kampung Tangguh Semeru se-Kecamatan Krian, saat ini diwakili empat desa. Yakni Desa Bareng Krajan enam orang positif Covid-19, disusul Desa Jati Kalang empat orang, Desa Gamping tiga orang, dan Desa Jeruk Gamping masih belum ada,” jelas Camat Krian Agus Maulidi.

Melalui kekuatan Posko Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji yang hadir dalam acara peluncuran Kampung Tangguh Semeru desa dan kelurahan se-Kecamatan Krian, memotivasi warga agar saling gotong royong dan menguatkan dalam penerapan segala protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan upaya tersebut, sehingga desa maupun kelurahan akan menjadi tangguh. Warganya pun tangguh, khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Misal contoh, dengan adanya satgas-satgas yang ada di dalam Kampung Tangguh Semeru. Seperti yang dilakukan dalam simulasi penanganan korban Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan di pos check point saat memeriksa orang luar masuk ke wilayah kita.

Baca:  Cek Pelaksanaan Ops Ketupat Semeru 2020, Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Kunjungi Pos Check Point Waru Sidoarjo

“Sebab itu, jika Kampung Tangguh Semeru ini sudah dapat dijalankan dengan tepat oleh warga. Saya berharap posko ini akan terus lestari, agar wilayah kita semakin tangguh dan kondusifitas kamtibmas kita tetap aman,” lanjut Kapolresta Sidoarjo.

Di akhir acara, Kapolresta Sidoarjo bersama Forkopimka Krian meninjau sentra UMKM warga, ruang kesehatan, ruang isolasi, lumbung pangan, panel data, dan Kapolresta Sidoarjo juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga setempat.(irw)