Beri Kuliah Umum di IAIN Ternate, Menpora Minta Pemuda Harus Mampu Menjawab Tantangan Bangsa

Menpora Imam Nahrawi saat memberikan kuliah umum di IAIN Ternate (foto : gardo)

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi dihadapan mahasiswa dan civitas akedemika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate memberikan kuliah umum di Auditorium IAIN Ternate, Maluku Utara, Rabu (22/02/2017) siang.

Menpora menilai pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan dan juga tantangan-tantangan masa kini dan masa depan.

Di sisi lain era globalisasi dengan segala macam positif dan negatifnya niscaya untuk dapat dihindari. Globalisasi mempercepat perubahan, dan setiap perubahan harus disikapi karena didunia ini tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Pemuda dalam hal ini mahasiswa, lebih khusus lagi seluruh mahasiswa IAIN Ternate harus mampu memanfaatkan potensi yang ada dari keilmuan yang diperoleh di kampus menjadi penerapan nyata di masyarakat.

Disamping menyampaikan tentang MEA, Gowes Nusantara, Kirab Pemuda Nusantara yang merupakan program unggulan Kemenpora, ada hajat besar bangsa Indonesia yaitu tuan rumah Asian Games 2018.

Menpora mengajak kepada para mahasiswa IAIN Ternate Untuk dapat berpartisipasi menjadi volentir atau relawan untuk menyambut delegasi-delegasi olahraga dari seluruh negara-negara Asia.

Dengan keterlibatan mahasiswa dari daerah seperti dari Ternate menandakan bahwa meskipun pelaksanaan di Jakarta dan Palembang namun pada hakekatnya hajat bangsa yang selalu menjunjung tinggi persatuan.

“Saya mengajak para mahasiswa untuk terlibat menjadi volentir menyambut delegasi Asian Games 2018, meskipun di Jakarta dan Palembang tetapi Asian Games yang kedua setelah tahun 1962 adalah hajat bangsa yang perlu didukung bersama dengan semangat persatuan” kata Menpora dengan penuh semangat.

Rektor IAIN Ternate Abdul Rahman Ismail Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesempatan menyampaikan kuliah umum sebagai representatif tokoh muda Indonesia didalam memberikan solusi terhadap menyikapi globalisasi yang kita hadapi bersama.

Maluku Utara perlu perhatian khusus dari pemerintah pusat, mengingat masyarakat Malut dari dulu hingga sekarang tidak surut dalam menjaga tegakknya NKRI dan dengan kehadiran Menpora menandakan bahwa perhatian itu ada.

“Terima kasih Pak Menpora sebagai representasi tokoh muda bangsa Indonesia yang telah hadir di IAIN Ternate, kami di Maluku Utara mengharapkan perhatian khusus untuk tetap semangat dalam menjaga persatuan dan tegaknya NKRI,” kata Abdul Rahman.

Mengawali acara Kuliah Umum, Menpora disuguhi tarian selamat datang Dana-dana dari para penari anggota Pramuka IAIN Ternate yang berpenampilan islami dengan ragam gerak yang tetap menarik dan energik.

Sebagai akhir acara dibagikan bola kaki dengan diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh Menpora, Rektor, Dekan, dan Duta Pemuda dan Pelajar Kemenpora Gloria Natapradja Hamel.

Bagi yang menjawab dengan benar mendapat hadiah bola kaki yang ditanda tangani langsung oleh Menpora, suasana tersebut menambah kegembiraan dari para peserta kuliah umum yang hadir.

Kuliah Umum juga dihadiri Dekan Fakultas Ushuludin dan Dakwah M. Djidin dan Direktur Pasca Sarjana M. Tahir Sapsuha. Turut serta mendampingi istri Sobibah Rohmah, Rektor IAIN Ternate Abdul Rahman Ismail Marasabessy, dan Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Teguh Raharjo. (gardo)