Peluncuran Program Bantuan Pangan Non Tunai Wilayah Kota Yogyakarta

KANALINDONESIA.COM, YOGJAKARTA : Perum Bulog Divre DIY meluncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai untuk wilayah Kota Yogyakarta. Peluncuran tersebut dilakukan langsung oleh Plt Walikota Kota Yogyakarta, Sulistyo di Rumah Pangan Kita (RPK) Cahaya Abadi, yang beralamat di Blunyahrejo TR 3 no 1134 Karangwaru, Tegalrejo Kota Yogyakarta, Kamis (23/2/2017).

Dalam sambutannya, Plt Walikota Kota Yogyakarta, Sulistyo mengatakan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah program bantuan dari Pemerintah Pusat yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Sosial, Pemerintah Daerah (Dinsos), Bank Penyalur Bantuan Pangan Non Tunai (BNI) dan Bulog. “BNPT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk pembelian pangan pokok melalui kartu gesek yang disebut Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Setiap KKS di isi Rp 110.000 tiap bulannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sulistyo mengucapkan KKS tersebut dapat dibelanjakan berupa pangan pokok yang untuk saat ini setiap KPM menerima 10 kg beras dan 2 kg gula pasir dengan harga beras Rp 8.500 per kg dan gula pasir Rp 12.500 per kg.

Sementara, Kepala Bidang Komersial dan Pengembangan Bisnis Bulog DIY, Mulyanta menjelaskan, jumlah KPM untuk wilayah Kota Yogyakarta sebesar 17.572 KPM. “Saat ini ada sebanyak 66 titik distribusi yang tersebar di Kota Yogyakarta untuk melayani 3.194 KPM,” tandasnya.

Mulyanta menjelaskan bahwa BPNT adalah Program subsidi pangan dari Pemerintah yang merupakan pengalihan bentuk dari Program Subsidi Pangan berupa Raskin/Rastra menjadi Subsidi Pangan berbasis e-money / e-wallet yang diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). (Yanuar)