Tiba di Halmahera Selatan, Menpora Langsung Tinjau Rencana Pembangunan GOR dan Buperta Samargaliga

KANALINDONESIA.COM, MALUKU UTARA : Mengawali kunjungan kerja di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Menpora bersama Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Teguh Raharjo dan Bupati Halsel Bahrain Kasuba meninjau dua lokasi pengembangan pusat keolahragaan dan kepemudaan, di Desa Panambuang Kecamatan Bacan Selatan, Halsel, Maluku Utara, Kamis (23/02/2017) pagi.

Pertama, lokasi pengembangan sentra keolahragaan yaitu Rencana Induk GOR Halmahera Selatan. Sekarang area yang luasnya 120.000 m2 didekat pantai ini baru dipakai untuk lomba motor cross, selanjutnya akan dikembangkan menjadi kawasan olahraga dengan fasilitas-fasilitas stadion sepakbola, arena atletik, lapangan tenis, GOR Indoor, lapangan panahan, dan kolam renang.

Menpora mengapresiasi atas gagasan besar tersebut demi kemajuan prestasi olahraga, perihal anggaran yang direncanakan sebesar 60 miliar sesuai penjelasan Kadisparpora Halsel M. Nur Kamarullah, harus sinergi bersama antara pemerintah pusat, daerah, swasta, BUMN, dan peran serta masyarakat.

“Saya baru datang dan melihat perencanaan besar yang perlu didukung bersama antara pusat dan daerah, saya akan mendorong BUMN terlibat,” kata Menpora.

Selanjutnya dilokasi desa dan kecamatan yang sama, Menpora menyinggahi tempat kawah candradimuka penempaan anak muda yang bernaung dalam Pramuka yaitu Bumi Perkemahan (Buper) Samargaliga.

Area yang sekarang baru ada Kantor Kwartir Cabang Pramuka, itupun masih jauh dari memadai, kedepan akan dilengkapi dengan asrama, tempat kemah, lapangan utama, tempat pameran, dan area parkir.

Untuk membantu pendanaan, pemerintah pusat menyalurkan melalui Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, namun dimungkinkan dapat dibicarakan agar bisa langsung ke Kwarcab.

“Saya mendukung, ada kebanggaan karena dulu pernah jadi Pramuka di Saka Bhayangkara, yang penting para anggota Pramuka jangan asyik dengan dirinya sendiri tetapi harus terjun dengan karya nyata ditengah masyarakat,” tegas Menpora.

Kunjungan diakhiri dengan foto dan selfi bersama anggota Pramuka, dan menarik perhatian ketika hadir ditengah-tengah ada Anggota Paskibraka Nasional yang cukup menyita perhatian tahun lalu, dan kini menjadi Duta Pemuda dan Pelajar Kemenpora Gloria Natapradja Hamel. (gardo)