Positif COVID-19 Ponorogo Bertambah 1, Imported Case dari Surabaya, Sembuh Tambah 1

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (Foto: Dok-kanalindonesia.com)

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Pasien terkonfirmasi positif  COVID-19 Ponorogo kembali bertambah 1 orang sehingga total akumlulatif menjadi 39 orang.

Kabar bertambahnya satu orang terkonfirmasi ini disampaikan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Kamis (25/06/2020).

“Warga Ponorogo yang saya cintai, hari ini kembali terdapat penambahan 1 kasus positif yang kita dapatkan dari imported case,”tulis Bupati Ipong melalui pesan singkat aplikasi WhatsApp yang diterima kanalindonesia.com.

Pasien tersebut yaitu seorang perempuan, berusia 25 tahun, berasal dari Kertosari, Kecamatan Babadan). Yang bersangkutan sehari -hari bekerja di Surabaya.

“Sekitar 3 hari yang lalu pulang dari Surabaya, mengeluh demam dan batuk kemudian berobat ke RSUD. Berdasarkan pemeriksaan saat itu didapatkan pneumoni bilateral dan Rapid Test Antibody Reaktif. Setelah dilakukan pemeriksaan PCR terhadap swab tenggorokan, hari ini didapatkan hasil positif COVID-19,”terang Bupati Ipong.

Baca:  Anggota DPRD Jatim ini Bikin Video Edukasi Tentang Covid 19 yang di Share di Medsos

Bupati Ipong sangat menyayangkan, yang bersangkutan memilih pulang dalam keadaan sakit, dan justru tidak memilih untuk tetap berobat di Surabaya sampai sembuh.

“Hal ini dapat beresiko menularkan kepada orang lain, bisa saja menularkan orang yang dekat dengannya selama perjalanan, juga keluarganya yang di rumah,”tegas Bupati Ipong.

Dikatakan Ipong,”kemungkinan hal ini terjadi karena saat ini seluruh Rumah Sakit  di kota besar penuh dengan pasien COVID-19. Bahkan beberapa Rumah Sakit terpaksa menutup pelayanan dikarenakan sudah overload. Hal ini bukan tidak mungkin terjadi di Ponorogo, apabila kondisi di kota-kota besar tersebut tidak dapat dikendalikan, sehingga orang- orang yang sakit disana, kembali ke daerah asal masing-masing. Apalagi jika ditambah dengan kurangnya kedisiplinan kita dalam menerapkan protokol kesehatan. Tentunya bukan hal seperti itu yang kita harapkan,”terang Ipong.

Baca:  Belum Pasti Difungsikan, Rambu-Rambu Lalu Lintas Sudah Mulai Terpasang di Ruas Jalan Fungsional Tol Soker

Untuk itu, Bupati Ipong menghimbau kepada seluruh warga Ponorogo, agar selalu mengingatkan saudaranya yang berada di luar kota, untuk tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Tunda dulu kepulangan ke Ponorogo jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Apalagi jika dalam kondisi sakit, mohon untuk tetap di sana dan berobat sampai sembuh. Mari saling menjaga satu sama lain. Mari melindungi keluarga dan saudara-saudara kita yang ada di Ponorogo. Kepala desa atau Lurah dan seluruh perangkatnya beserta Ketua  RT/RW saya harap untuk meningkatkan kewaspadaan dan monitoring keluar masuknya orang di wilayahnya. Supaya penambahan kasus COVID-19 terutama yang berasal dari imported case bisa dihambat,”tuturnya.

Baca:  Jelang Lebaran, Lisdyarita Gelar Bazar Minyak Murah

Ditambahkanya,” hari ini terdapat 1 orang pasien yang dinyatakan sembuh yaitu pasien no. 24, berjenis kelamin laki- laki, yang beralamat di Surodikraman, Ponorogo.  Semoga 11 orang lainnya segera menyusul sembuh,”pungkas Ipong.

Dengan demikian, data kasus konfirmasi COVID-19 di Ponorogo per hari ini adalah total 39 orang; sembuh 26 pasien; isolasi di Rumah Sakit 11 orang dan meninggal dunia 2 orang.