Tahun Depan Dinkes Mubar Bangun 1 Unit Puskesmas di Wilayah Kepulauan

MUNA BARAT, KANALINDONESIA.COM: Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Kepulauan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara tahun 2021 akan membangun Puskesmas baru tepatnya di Desa Bero Kecamatan Tiworo Utara.

Insya allah tahun depan (2021) pembangunanya sudah dimulai, tahun ini kami lagi susun kelengkapan administrasi,” Ujar Kepala Dinas Kesehatan Mubar LM. Ishar Masiala saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (30/6/2020).

Pembangunan puskesmas rawat jalan ini menggunakan dana sebesar 5 miliyar rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler.

Ishar juga mengungkapkan, tujuan di bangunnya Puskesmas tersebut, demi meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kepulauan khususnya warga desa bero, tasipi, mandike dan santigi.

Baca:  Tenaga Ahli Desa Sebut Wakil Ketua DPRD Mubar Tidak Paham Aturan

Menurutnya, kehadiran Puskesmas ini sangat penting bagi masyarakat disana, karena penduduk wilayah kecamatan tiworo utara lebih banyak berada dikepulauan dari pada di wilayah daratan ditambah letak puskesmas tondasi berlokasi di wilayah daratan tepatnya desa tondasi. Ia mencontohkan, misalnya jika ada masyarakat desa bero atau santigi yang hendak berobat ke puskesmas tondasi harus menghabiskan waktu sekitar 30 menit menuju puskesmas tondasi.

“Kasian masyarakat disana kan, setiap mau berobat atau mau melahirkan harus naik ke darat dulu, tapi kalau sudah ada puskesmas disana iya mereka tidak perlu habiskan waktu banyak cukup 10 sampai 15 menit sudah sampai dipuskesmas,”ucap Ishar.

Puskesmas juga ini nantinya akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti dental unit, pemeriksaan gigi, laboratorium, tenaga analis, ruang apotik, ruang KIA, ruang UGD, ruang sanitasi dan ruang gizi sementara untuk tenaga kesehatan akan memprioritaskan putra putri dari wilayah itu, jika tidak ada maka akan dicarikan putra – putri mubar ditempat lain.

Baca:  Dinkes Mubar Siapkan Nomor Layanan Aduan, Warga Mubar Bisa Lapor Jika Pelayanan Puskesmas Tidak Maksimal

Saat ini pihaknya tengah menyusun kelengkapan adminsitrasi bangunan tersebut. Untuk pembebasan lahan semua sudah selesai,”tutupnya*(Akhir Sanjaya)