Dandim 0817 Gresik Bersih-bersih Sampah dan Tanam Pohon Buah-buahan

GRESIK, KANALAINDONESIA.COM : Jajaran Kodim 0817/ Gresik bersama siswa-siswi SMA di Kecamatan Gresik dan Kebomas memilih bersih-bersih sampah di kawasan terminal parkiran bus pariwisata Sunan Giri, Jl Mayjen Sungkono, Kecamatan Kebomas untuk membersihkan lingkungan. Selain itu, juga mengadakan tanam pohon produktif dan tanda tangan dukungan pengurangan sampah.

Kegiatan sosial itu dipimpin langsung Dandim Letkol Kav. Widodo Pujianto. Dandim juga ikut memungut sampah plastik yang berserakan di terminal bus pariwisata Sunan Giri. Kemudian, menyempatkan menanam pohon kelengkeng untuk penghijauan. Diharapkan jika berbuah bisa dipanen oleh masyarakat. “Kita ajak siswa-siswi agar mereka sadar tentang bahaya dampak sampah dan cara memanfaatkannya. Kalau sampah plastik bisa didaur ulang. Sedangkan sampah dari daun-daun bisa dijadikan pupuk kompos,” kata Widodo, Jumat (24/2/2017).
Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini untuk memperingati hari peduli sampah nasional, sehingga bisa membantu program pemerintah kabupaten Gresik dalam program kota bebas sampah dan bebas kawasan kumuh. Kegiatan yang ditempatkan di derah terminal bus pariwisata karena tempat itu menjadi jujukan wisatawan dari luar kota. “Jika terminalnya banyak sampah dan kumuh, itu mencerminkan warganya kurang peduli terhadap lingkungan. Sehingga akan ada penilaian buruk dari wisatawan terhadap masyarakat sekitarnya,” imbuhnya.
Diharapkan, setelah menjadi kawasan bersih dari sampah plastik, wisatawan akan nyaman dan senang berkunjung ke Gresik. Yaitu ke Makam Sunan Giri dan Sunan Syeh Malik Ibrahim. “Jika berbuah, tanaman buah-buahan yang ditanam ini bisa dinikmati masyarakat. Sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya.(lan)