Kampung Tangguh Beri Semangat Bidan Desa Sumberwudi Bisa Bertemu Waka Polres Lamongan

LAMONGAN KANALINDONESIA.COM; Ada rasa bahagia yang tidak mampu disembunyikan dari sorot mata Isti Fuji Rahayu (40), bidan Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, saat diberi kesempatan foto bersama dengan Kompol Dies Ferra Ningtyas disela-sela penyerahan hadiah kepada para pemenang penilaian Kampung Tangguh pada peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolres Lamongan, Rabu (1/7/2020). Impian yang selama ini diidam-idamkan bisa bertemu langsung dengan mantan Kasi STNK Polda Jatim yang sekarang menjadi Waka Polres Lamongan.

Kabar Desa Sumberwudi yang juga akan menerima hadiah dari Polres Lamongan didapatkannya pada hari Selasa (30/6/2020) malam dari anggota Polsek Karanggeneng. Dari kabar tersebut, dia diminta untuk ikut hadir keesokan harinya guna mewakili desanya untuk menerima hadiah dari Kapolres Lamongan. Dari sanalah muncul harapan barunya untuk bisa mewujudkan impiannya untuk bisa bertemu dengan Waka Polres Lamongan yang terkenal cantik itu.

Baca:  Bapenda Optimalkan Penarikan Pajak dengan Laskar PBB

“Alhamdulillah, kebahagian saya bertumpuk hari ini, selain Desa Sumberwudi masuk dalam desa Favorit pada penilaian Kampung Tangguh Semeru, juga saya mendapatkan kesempatan berfoto dengan Wakapolres Lamongan yang cantik tersebut,” kata Isti

Sejak ditetapkan sebagai kampung tangguh, Bidan Desa Sumberwudi, Isti (biasa dia dipanggil), memiliki tambahan semangat baru dalam menangani Covid-19 di desanya. Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan dalam pandemi virus yang mulai muncul akhir tahun 2019 tersebut terdapat 4 orang warganya dinyatakan positif terserang Covid-19. Sebagai tenaga kesehatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, Isti Fuji Rahayu dituntut harus lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya.

Mengedukasi warga dia lakukan secara terus menerus untuk memutus mata rantai virus yang terkenal dengan sebutan Corona ini. Selain menerapkan pola hidup bersih dengan rajin cuci tangan atau pakai hand sanitizer, jaga jarak, jauhi kerumunan dan melakukan  penyemprotan disinfektan pun dia lakukan bersama Gugus tugas percepatan dan penanganan penyebaran Covid-19 Desa Sumberwudi dan juga relawan desa.

Baca:  Anggota Polsek dan Koramil Karanggeneng Berikan Peringatan Bagi Pengendara Tak Bermasker

“Hampir empat bulan mas, pikiran saya selalu tegang memikirkan penyebaran Covid-19 di desa saya, apalagi 4 orang dinyatakan positif. Saat Forkopimda Lamongan meresmikan Desa Sumberwudi sebagai Kampung Tangguh dan penilaiannya akan dipimpin oleh Wakapolres, saya terus punya keinginan untuk bertemu dengannya” tutur Isti, sembari tertawa kecil.

Kampung Tangguh merupakan program unggulan dari Polda Jawa Timur yang dilaksanakan oleh masing-masing polres yang ada dijajarannya, termasuk Polres Lamongan. Polres Lamongan menyiapkan tim secara khusus untuk memberikan semangat kepada desa dan kelurahan yang sudah ditetapkan sebagai kampung tangguh untuk dilaksanakan penilaian. Tim yang dikomandani langsung oleh Wakapolres Lamongan, Kompol Dies Ferra Ningtyas melaksanakan penilaian kepada seluruh desa dan kelurahan yang tersebar di 27 kecamatan di wilayah Kabupaten Lamongan.

Baca:  Waow Dana 213 Mliiar Untuk Masyarakat Miskin di Jatim Nganggur Sia Sia

Program yang sengaja dihadirkan untuk membangun ketahanan masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19 secara guyub rukun dengan didukung oleh ketangguhan aspek yang lain. Sehingga diharapkan masyarakat nantinya bisa secara mandiri untuk mengatasi segala permasalahan yang timbul karena pandemi Covid-19. (omdik/fer)