Kanwil Kemenkumham Jatim Razia Narkoba di Lapas Kelas llB Ponorogo

Petugas melakukan penggeledahan di setiap kamar tahanan

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM : Petugas Kanwil Jatim menggelar razia narkoba mendadak di Lembaga  Pemasyarakatan (Lapas) kelas llB Ponorogo, Jumat(24/02/2017) malam.

Petugas Kanwil Kemenkumham Jatim yang didampingi Satgas Korwil memasuki ke setiap kamar tahanan. Satu persatu dilakukan penggeledahan guna mencari kemungkinan adanya peredaran narkotika di dalam Lapas.

“Kita dalam melaksanakan tugas biasanya dibantu Satgas Korwil, untuk melakukan razia HP, Pungli dan Narkoba,”ucap Ali mustofa Kabid Keamanan dan Pembinaan Kanwil Kemenkumham Jatim kepada kanalindonesia.com.

Disebutkanya, razia seperti ini rutin dilakukan dan merata ke semua lapas dan rutan yang berada di wilayah Jawa Timur dengan tujuan untuk menjadikan setiap lapas dan rutan bebas handphone, pungli dan narkoba (zero halinar).

Tak hanya dilakukan razia barang-barang yang tidak diijinkan keberadaanya dalam kamar tahanan, namun petugas juga melakukan tes urine terhadap warga binaan lapas Ponorogo.

Dari tes urine yang dilakukan terhadap 15 napi narkoba dan obat terlarang serta 5 orang napi umum, tidak ditemukan adanya urine yang mengandung narkoba.

“Dari hasil tes urine terhadap 20 orang napi, semua dinyatakan negatif, memang ada satu yang positif namun itu bukan metamin / sabu, akan tetapi hanya karena pengaruh obat saja,”tegas Ali Mustofa.

Sementara itu Sucipto, Kasubsi pengelolaan Lapas kelas llB Ponorogo mengatakan, bahwa ini merupakan komitmen bersama.

Dalam penggeledahan tersebut, petugas hanya mendapati sejumlah barang dan peralatan yang dilarang keberadaanya didalam ruang tahanan yang diantaranya sendok, potongan kuku, korek api, kipas angin, kabel rol, radio, cermin, pencukur kumis.(AD)