Sweeping Masyarakat Tidak Bermasker

Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto, Komandan Kodim 0803 Madiun dan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, tengah mendatangi kumpulan remaja dengan menitipkan pesan pentingnya pakai masker dan ikuti Protokol Kesehatan Covid-19.

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Salah satu upaya menggencarkan “Gerakan Kabupaten Madiun Bermasker, Menuju Kabupaten Madiun Sehat”, Polres Madiun bersama Korem 081 DSJ Madiun, Kodim 0803 Madiun dan Pemkab Madiun, melakukan “sweeping” masyarakat tidak bermasker. Kali ini gerakan dilakukan di Alun-alun Reksogati Caruban dan Taman Kota Caruban Asri, Sabtu (4/7/2020) malam lalu.

“Bukan sweeping seperti biasanya, tapi mendata masyarakat tidak memakai masker. Kami hanya mendata masyarakat tidak memakai masker dan diingatkan saat beraktivitas untuk memakai masker. Lalu mengajak masyarakat untuk disiplin dalam keseharian dengan mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19,” ujar Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto.

Jika ditemukan ada masyarakat tidak memakai masker, tambahnya, juga diberikan masker malam itu dibagikan mencapai ribuan. Diikuti, mengajak masyarakat pola hidup sehat, tetap menjaga jarak hingga meminta masyarakat dalam kondisi New Normal tetep menjaga diri sesuai Protokol Kesehatan Covid-19.

Baca:  KPK Konfrontir Kontraktor Dengan Kabag Adbang Pemkot Madiun

“Jangan terbuai dan lengah dengan kondisi New Normal, sebab penyebaran Covid-19 masih berlangsung hingga kini. Gerakan ini sekaligus bentuk kepedulian dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Kami berharap masyarakat patuh dan disiplin, itulah adalah vaksin mujarab,” ujar AKBP Eddwi Kurniyanto lagi.

Petugas juga memberikan brosur, sticker, banner hingga spanduk, ajakan memakai masker, menjaga pola hidup sehat dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Tidak hanya itu, petugas juga memberikan imbauan melalui pengeras suara.
Hal senada disampaikan Komandan Kodim 0803 Madiun Letkol CZI Nur Alam Sucipto mengatakan dengan disiplin menerapkan itu, penanggulangan penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

“Saya sependapat, disiplin adalah vaksin penting. Kami bersama Polres Madiun dan Pemkab Madiun, tidak mengenal lelah menggelorakan gerakan itu,” ujarnya.

Baca:  Di Sela Upacara HUT Satpam ke-39, Gubernur Khofifah Berpesan Begini

Begitu juga disampaikan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto mengatakan dengan sinergitas ini dapat membangunkan kesadaran, pentingnya mengikuti arahan itu.

“Saya berharap masyarakat pakai masker saat beraktivitas dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19,” tandasnya.

Kegiatan lain malam itu, melakukan penyemprotan disinfektan di seputar Alun-alun dan Taman Kota. Turut hadir dalam kegiatan itu Komandan Korem 081 DSJ Madiun Kolonel Inf Waris Ari N berharap kegiatan bisa dilakukan tingkat Polsek atau Koramil hingga desa. (abas)