Satu Positif COVID-19, 92 Santri Ponpes Gontor 2 Akan Ditest Cepat

RAHAYU KUSDARINI, Kadinkes Kabupaten Ponorogo (Foto: Dok kanalindonesia.com)

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Menyusul adanya satu santri Pondok Pesantren Gontor 2 yang terkonfirmasi positif COVID-19 Pemkab Ponorogo langsung bergerak cepat dengan melakukan tracing kontak erat santri yang bersangkutan di Pondok Modern Gontor 2 yang berada di Desa Madusari, Kecamatan Siman, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.

Kepala Dinas kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini menyatakan data kontak berada pada pimpinan pondok dan rekan-rekan santri yang bersangkutan. Pihaknya saat ini masih terus melakukan komunikasi dengan pihak pondok.

“Kontak ini hasil penelusuran dengan rekan santri yang positif dan pimpinan pondok. Kita koordinasi riwayat kontak santri tersebut”, kata Rahayu Kusdarini, Selasa (07/07/2020)

Rencananya pada Rabu, (08/07/2020) esok, Pemkab akan melakukan pemeriksaan terhadap 92 santri kontak erat. Tidak hanya rapid test sebagian lainnya akan langsung dilakukan uji swab PCR.

Baca:  Simpan Hasil Hutan Tanpa Dokumen, Warga Ponorogo Dicokok Polisi

“Kita akan melakukan pemeriksaan 92 kontak, ada yang rapid test dan sebagian langsung uji swab,”tuturnya.

Kasus COVID-19 di Pondok Gontor 2 yang berada di Kecamatan Siman itu bermula saat seorang santri putra berusia 17 tahun asal Sidoarjo datang ke pondok tersebut, Rabu (17/6/2020) lalu.

Lima belas hari kemudian, Dinkes Jatim mendapatkan informasi bila ayah kandung santri putra itu terkonfirmasi positif COVID-19.

Setelah mendapatkan informasi dari Dinkes Jatim, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo segera mengambil langkah untuk memeriksa swab PCR pada santri tersebut, dan pada Senin (06/07/2020) didapatkan santri putra itu positif COVID-19.

Untuk langkah pencegahan penularan, saat ini santri putra itu telah diisolasi di rumah sakit.

Baca:  Pilih Tak Teruskan Sekolah, Bocah 8 Tahun Rawat Ibunya Yang Lumpuh

Pemerintah Kabupaten Ponorogo pun sementara waktu menutup akses keluar masuk Pondok Gontor 2 yang berada di Desa Madusari, Kecamatan Siman, termasuk bagi warga setempat.(wa)