MTsN 3 Gelar Wisuda Purna Siswa Secara Online di Hadiri Bupati Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kabupaten Jombang menggelar wisuda purna siswa secara virtual (online). Ini pertama kalinya lembaga dilingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas melaksanakan Muwaddaah atau perpisahan siswa-siswi madrasah dengan metode daring, Rabu (08/07/2020).

Wisuda purna siswa atau yang lebih dikenal Muwaddaah dikalangan pesantren kali ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda di berbagai negara sehingga upacara wisuda digelar secara virtual.

Kepala Sekolah MTsN 3 Jombang Moch Syuaib menjelaskan bahwa metode pelaksanaan wisuda purna siswa secara online ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 9 yang berjumlah sekitar 869 siswa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Alhamdulillah, hari pertama wisuda berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk pelaksanaan wisuda purna siswa MTsN 3 selama 3 hari pelaksanaan secara bergantian. Mengingat peserta didik dari seluruh nusantara (Indonesia) mulai dari Sumatera, Papua, Kalimantan, ” kata Syuaib, usai melakukan wisuda purna siswa virtual kepada wartawan.

Baca:  Tradisi Turun Temurun, Labuh Larung Sembonyo Dilakukan di Pantai Karanggongso 

Syuaib menyampaikan terima kasih kepada Masyayikh Ponpes Bahrul Ulum, seluruh wali santri, peserta didik, dan jajaran pengajar dilingkungan madrasah, Kemenag Jombang dan Kanwil Kemenag Jatim, semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan wisuda secara online sudah terlaksana dengan baik dan lancar.

Selamat dan terima kasih banyak atas partisipasinya dalam pelaksanaan wisuda purna siswa online, bahwa wisuda daring perdana ini berjalan lancar,” ucapnya.

Turut hadir Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab sebagai tamu kehormatan bersama Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kepala Kantor Kemenag Jombang dan juga Masyayikh Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa wisuda online merupakan sebuah kebijakan yang diambil pihak sekolah mengingat banyak lulusan yang membutuhkan Ijazah untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan lain sebagainya.

Baca:  Sasar Sekolah Dispendukcapil Rekam Biometrik

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan dan ekonomi, akan tetapi juga berdampak bagi dunia pendidikan. Madrasah MTsN 3 Jombang telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan,” terang Hj Mundjidah dalam sambutannya pada wisuda purna siswa online.

Ibu Nyai Mundjidah yang juga salah satu Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum ini berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala. Kepada seluruh wisudawan untuk senantiasa bijak dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh.

Tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menerapkan social distancing, menggunakan masker, rajin mencuci tangan maupun menggunakan handsanitizer. Terapkan protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran,” pungkasnya.(Ob)

Baca:  Presiden Bagikan 1.015 KIP dan 500 PKH di Rote Ndao