Nur Chalim Ciptakan Burung Murai Berkualitas Tinggi

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Nur Chalim peternak burung kicau Murai Batu, selain suara yang merdu burung murai juga sedap dipandang dengan ekornya yang panjang.

Selain peternak burung murai batu Nur Chalim juga menjabat sebagai kepala desa Tanjunganom Kecamatan Rowosari.

Dikatakannya, bisnis ternak burung murai tersebut di jalaninya sudah berjalan kurang lebih 2 tahun, hingga saat ini dirinya sudah mempunyai 11 sangkar ternak murai batu.

” Ada 11 pasang burung murai siap ternak. Jenis burung murai yang kita miliki yaitu Murai batu jenis Medan, Murai batu jenis Bahorok, murai batu jenis F3,”kata Nur Chalim saat ditemui di rumahnya, Rabu (08/07/2020).

Dia mengaku, ternak burung murai tersebut butuh kesabaran dan ketelitian, mulai dari makanan yang bersih dan berstanina juga memilih indukan hingga penjodohan.

Baca:  Bupati Ajak Masyarakat Kendal Ciptakan Pemilu Damai dan Kondusif

“Penjodohan hingga produksi membutuhkan waktu selama 1-2 bulan. Memilih indukan juga harus benar-benar teliti terkadang jika kita salah pilih bisa-bisa burung betinanya di makan sama pejantannya,”ungkapnya Chalim.

Nur Chalim menjelaskan, ternak burung murai tersebut dari segi keuntungan ternak burung murai sangat menggiurkan.

“Kami sudah ngirim burung murai di luar Jawa. Harga burung murai mulai dari 2 juta hingga puluhan juta tergantung jenis burungnya,”jelasnya.

Selama menggeluti bisnis ternak burung murai tersebut dirinya juga tidak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai Kepala Desa.

“Harus profesional dalam mengatur waktu antara pekerjaan dan hobi,”tuturnya.

Sementara Abdul Ghofur pecinta burung murai mengaku burung murai hasil kebun Nur Chalim sangat bagus selain murah burung juga berkualitas.

Baca:  Persik Kendal Gelar Laga Amal Peduli Taruman

“Saya sudah 3 kali membeli burung dan Alhamdulillah bagus dalam waktu dekat ini akan saya coba ikutkan lomba burung,”pungkasnya.(Eko)