Banjir Terjang Sejumlah Kawasan di Kabupaten Jombang, Akibat dari Sungai Gunting Meluap

bannjir di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Jombang.
bannjir di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Jombang.

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM : Sungai Gunting yang melintas di Kecamatan Mojoagung dan Sumobito Kabupaten Jombang meluap, akibatnya sejumlah desa yang terletak di dua kecamatan tersebut terendam banjir.

Dari pantauan kanalindonesia.com, banjir merendam dua desa di Kecamatan Mojoagung yakni, Desa Kademangan serta Desa Karobelah.

Ketinggian air di kedua tempat tersebut cukup tinggi, namun ketinggiannya bervariasi mulai dari 15 cm hingga 65 cm. Genangan air terparah terletak di Dusun Tempel, Desa Kademangan Mojoagung, yakni 65 cm.

Khoirul (45) salah satu warga Dusun Tempel mengatakan,” ini sudah agak surut, pada dinihari tadi ketinggian air bisa mencapai 1,5 meter,” ujarnya, Sabtu (25/02/2017).

Masih menurut Khoirul,”banjir yang terjadi kali ini lebih parah dibandingkan dengan banjir sebelumnya. Jika banjir sebelumnya hanya menggenangi pemukiman warga, semalam banjir sempat menggenangi Balai Desa Kademangan yang biasanya digunakan untuk mengungsi warga,” pungkasnya.

Hal Senada juga disampaikan Misbakhun (54), bahwa dirinya harus siap siaga jika banjir terjadi sewaktu-waktu karena daerah Dusun Tempel, Desa Kademangan merupakan kawasan langganan banjir setiap tahun, saat musim penghujan tiba di kota Santri ini.

“Kalau dapat informasi di daerah kecamatan Wonosalam hujan lebat dengan intensitas lama, Maka dapat dipastikan kawasan Mojoagung terutama di Dusun tempel akan banjir ini sudah begadang dari semalem untuk antisipasi banjir, karena ini sudah langganan tiap tahunnya,” pungkasnya.(elo)