Hadapi Pilkada, Polres Pacitan Gelar Simulasi Mantap Praja Semeru 2020

PACITAN, KANALINDONESIA.COM : Jelang Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2020 di Kabupaten Pacitan, Polres Pacitan menggelar simulasi sistim pengamanan kota (Sispamkota) saat pelaksanaan Pilkada Nanti.

Simulasi Mantap Praja Semeru 2020 yang berlangsung di alun-alun Pacitan, Rabu ( 8/7/2020 ). Pada simulasi ini digelar untuk mengantisipasi terjadinya situasi kontigensi atau kerusuhan masa pada saat pelaksanaan Pemilukada berlangsung nanti.

Menurut Kapolres Pacitan, AKBP. Didik Hariyanto melalui Kompol Sukoco Kabag Ops Polres Pacitan usai membuka gelar pasukan pelaksanan simulasi mengatakan ” dengan simulasi ini dapat mengantisipasi apa saja peristiwa-peristiwa yang mungkin akan terjadi pada saat pelaksanaan Pemilukada Berlangsung.

” Seperti yang terlihat tadi , adanya tindakan yang menjurus pada kekacauan saat proses pemungutan suara berlangsung. Dimana ada masyarakat yang ingin melakukan pencoblosan kembali tetapi di tolak oleh pihak penyelenggara sehingga menimbulkan keributan dan kemudian berlanjut ke aksi unjuk rasa ke kantor KPU kemudian dapat ditangani dengan baik oleh petugas pengaman Pilkada sehingga ketegangan tersebut dapat diatasi dan Pelaksanaan Pemilukada dapat berjalan kembali dengan kondusif,” ungkap Kapolres.

Baca:  Sistem Tak Sesuai Aturan, Mahasiswa Unisda Lamongan Geruduk Kantor Dinas Pendidikan

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, Simulasi Sispamkota ini perlu dilakukan sebagai bentuk kesiapan personil Polri beserta unsur terkait. Agar dapat lebih memahami bagaimana penanganan atau cara bertindak di lapangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

” untuk pengamanan Pilkada nanti Polres Pacitan akan menerjunkan 400 personil yang dipersiapkan terdiri dari Satuan Sabara, Satuan Rekrim dan Satuan Intel. Selain itu Polres akan diBack Up dari satuan Brimob dari madiun sebanyak 2 SSK serta TNI dan Anggota Satuan Pamong Praja Kabupaten Pacitan, ” ujar Kapolres.

Masih menurut Kapolres, kendati saat ini masih menghadapi gejolak pandemi Covid-19. Maka kita juga akan terapkan sesuai protokol kesehatan seperti Fisycal Distancing, memakai masker dan pemeriksaan suhu badan juga akan diterapkan dilokasi Tempat Pemungutan Suara ( TPS) nanti,” pungkas Kapolres (Lc)

Baca:  Jalak Lawu Magetan Libas Lawu Jaya Sragen dalam Penyisihan SBY Cup 2020 di Pacitan