Jelang Ajang Pemprov 2022, 117 Atlet Pamekasan Jalani Rapid Test Covid-19

Suasana kegiatan rapid test covid-19 Koni Pamekasan, Rabu (08/07/2020)

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM
Sebanyak 117 Atlet Pamekasan yang akan berlomba di ajang Porprov Jatim Tahun 2022 mendatang, menjalani rapid test covid-19. Pasalnya, slain untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, juga bertujuan agar para atlet sebelum jelang ajang kejuaraan itu sudah dipastikan dalam kondisi sehat.

Kegiatan ini sengaja dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pamekasan, bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten setempat. Tak hanya 117 atlet, Rapid Test juga dilakukan terhadap para pelatih dan pengurusnya.

Kegiatan rapid test itu digelar di Aula Panti Asuhan Muhammadiyah di Jalan Bahagia, Kelurahan Bugih Pamekasan, Rabu (08/7/2020).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pamekasan dr Nanang Susyanto menjelaskan, kegiatan rapid test terhadap para atlet, pelatih dan pengurus yang bertujuan untuk mendeteksi dini untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

Baca:  Pemuda Panggul Trenggalek Tewas saat Waktu Sahur

“Hasil dari pada rapid test ini ada tiga yang reaktif diantaranya, 1 atlet, 1 pelatih dan 1 pengurus KONI,” terang dr Nanang.

Ketiga orang yang hasil rapid test nya adalah reaktif, Nanang menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama waktu 14 hari, dan melakukan pemeriksaan swab untuk menginformasikan has diagnosis positif atau tidak nya Covid -19.

Lebih lanjut dia mengemukakan, rapid test ini merupakan inisiatif dari para pengurus KONI, dirinya hanya berusaha untuk memfasilitasi pemeriksaan terhadap para atlet, pelatih juga pengurus, sehingga nantinya diharapkan para atlet yang akan berlomba di ajang Porprov tahun 2022 dalam kondisi sehat. “Kami sangat mengapresiasi akan inisiatif para pengurus KONI,”kata Nanang S.

Baca:  Polres Bangkalan Tangkap Bandar Narkoba Seberat 150,57 Gram

Ditempat yang sama, Ketua KONI Pamekasan, lukman Hakim berkata dilakukan rapid test tersebut diharapkan semua para atlet yang akan berlomba di ajang Porprov 2022 betul betul dalam kondisi sehat, yang nantinya dapat mempersiapkan diri dengan maksimal.

Terpisah dari itu, Ketua FPTI ( Federasi Panjat Tebing Indonesia ) Pamekasan, Wahyudi mengatakan, adanya rapid test ini sangat mengapresiasi dan menyambut baik. Menurut dia, rapid test ini sangat penting bagi para atlet yang memiliki aktivitas tinggi dan sering berinteraksi dengan pelatih maupun atlet yang lainnya.

Dari atlet dan pelatih cabor Panjat Tebing hasil dari rapid test tadi semuanya nonreaktif. “Hasil rapid test ini membuat kami senang dan alhamdulillah. “Kami sering memberi penekanan pada para atlet untuk selalu mematuhi dan disiplin protokol kesehatan Covid-19,”pungkasnya.*(Nang/Ifa/Red).

Baca:  Presiden Minta Seluruh Kementerian/Lembaga Hingga Pemda Tertib Administrasi Tata Kelola dan Jaga Aset