Sudin SDA Fokuskan Penanggulangan Banjir Di Empat Titik Di Jakarta Barat

Kasudis SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari
Kasudis SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM : Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat fokus menanggulangi masalah banjir dan genangan di empat lokasi yang berada di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk, Cengkareng dan Kalideres.

Kasudis SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari mengatakan, bahwa penanggulangan banjir dilakukan melalui sheetpile kali dan pembangunan pompa. “Jadi kita ada empat titik diantaranya Green Garden RW 02 Kedoya Utara, Patra Duri Kepa, RW 02 Duri Kosambi dan Kali Semongol di Tegal Alur. Itu yang prioritas kita,” sebut Purwanti, Jumat (10/7/20). Selain empat lokasi itu, kawasan lainnya berada di wilayah Kelurahan Rawa Buaya.

Menurutnya, saat ini rencana pembangunan sheetpile fokus pada Kali Angke. “Sekarang kita lagi konsen di sepanjang Kali Angke, mulai dari Kembangan Selatan, Kembangan Utara hingga Kedoya Utara. Rencanya akan disheetpile sampai Kali Angke lama yang pertemuan dengan Mookervaart, Kedaung Kaliangke. Itu juga akan kita tanggulangi,”katanya.

Baca:  Prajurit Dan PNS Mako Kormar Terima Penyuluhan Hukum.

Ia menjelaskan, untuk di wilayah RT 13/02 Kedoya Utara, selain disheetpile hingga rel KA juga akan dibangun pintu air dan pompa. “Dengan pintu air itu diharapkan nanti air dari Kali Mookervaart tidak masuk. Khan selama ini kita kesulitan mengendalikan air dari Mookervaart, karena langsung masuk lagi ke wilayah Kedoya Utara,”jelas Purwanti.

Ia menambahkan, sedang untuk sheetpile Kali Angke di RW 02 Duri Kosambi rencananya akan diawali dengan pembebasan lahan. “Mungkin pembebasannya tahun ini, yang mengerjakan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Saat rapat terakhir dengan Kementerian, sudah kontrak. Untuk tiga kali yakni Kali Angke, Pesanggrahan dan Ciliwung. Di kita dua, Kali Angke dan Pesanggrahan,”imbuhnya.

Baca:  Baznas Gandeng Ralali.com Hadirkan Layanan Kurban Digital

Sementara untuk Kali Semongol, lanjut Purwanti, saat masih dalam perencanaan. “Jadi, Semongol itu ke depannya kita akan bikin pintu air di perbatasan dengan Jakarta Utara dan pompa. Tegal Alur itu masalahnya Rob, begitu air laut tinggi, masuk ke arah Tegal Alur. Jadi, akan kita tutup, kasih pompa. Sekarang dalam perencanaan kerja, kira-kira tahun depan, kayaknya multiyears,” pungkasnya. @Wn