Meledak, Pasien Positif COVID-19 Ponorogo Bertambah 15, Sembuh 11 Orang

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Penambahan pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Ponorogo hari ini, Rabu(15/07/2020) meledak, mencapai 15 pasien, sembuh 11 pasien.

Kabar penambahan pasien positif COVID-19 tersebut disampaikan Bupati Ponorogo secara tertulis yang diterima kanalindonesia.com, Rabu(15/07/2020) siang.

“Warga Ponorogo yang saya cintai, berikut saya sampaikan perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Ponorogo. Terdapat penambahan 15 kasus baru hari ini,”ucap Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Rabu(15/07/2020).

Kelimabelas tambahan kasus tersebut antara lain  11 orang santri Ponpes Gontor 2 kembali dinyatakan positif COVID-19, selanjutnya akan dirawat di rumah sakit lapangan COVID-19 Indrapura Surabaya. Sampai saat ini total testing dan tracing yang dilakukan di Ponpes Gontor 2 adalah Rapid test sebanyak 1.363 orang, ditemukan 60 reaktif, sudah dilakukan pemeriksaan PCR.

Baca:  Tahun Baru Imlek di Vihara Avalokitesvara Sepi Aktivitas

Total Pemeriksaan PCR 93 orang, hari ini akan dilanjutkan rapid test sehingga total semua santri dan pengasuh selesai di rapid test.

Seorang laki-laki usia 30 tahun, alamat Desa Gontor, Kecamatan Mlarak dengan riwayat datang dari Kalimantan. Atas inisiatif sendiri melakukan pemeriksaan rapid test didapat hasil reaktif, dan pemeriksaan PCR didapatkan hasil positif.

Seorang perempuan usia 34 tahun, alamat Jurug, Kecamatan Sooko, datang dari Surabaya 26 Juni lalu. Sebelumnya kerja di Surabaya, pulang ke Ponorogo untuk pemulihan kondisi karena sebelumnya sakit, menurut pengakuannya sakit typhus. Sebelum kembali ke Surabaya, pasien melakukan pemeriksaan rapid test didapatkan hasil reaktif. Dan hasil PCR dinyatakan positif.

Baca:  Polsek Prenduan Peduli, Bantu Korban Terdampak Angin Kencang

Seorang laki-laki usia 55 tahun, warga Mangkujayan, Kecamatan Ponorogo Kota merupakan bagian dari tracing kasus no. 79.

Seorang perempuan udia 42 tahun warga Wilangan, Kecamatan Sambit. Pasien memeriksakan diri ke rumah sakit karena ada keluhan dan riwayat kontak dengan suami yang sering pulang pergi Ponorogo-Surabaya. Hasil rapid test reaktif, dan hasil pemeriksaan PCR positif.

Disamping itu, 11 pasien dinyatakan sembuh, antara lain 10 orang santri yang dirawat di RS lapangan Indrapura Surabaya dan 1 orang dari Ngebel, yaitu pasien no. 52 yang memiliki riwayat sebagai sopir travel yang kontak dengan pasien konfirmasi.

“Mari perkuat solideritas dengan saling menjaga dan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker ketika berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain, jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, tingkatkan imunitas tubuh dg olahraga dan gembira, berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tutur Bupati Ipong.

Baca:  Wabup Ponorogo Lepas 443 JCH, 12 Gagagl Berangkat

Data kasus COVID-19 di Ponorogo total 97, sembuh 44, meninggal 4, isolasi mandiri 3, isolasi shelter 8, isolasi rumah sakit Ponorogo 25, isolasi di rumah sakit Ngawi 1, isolasi rumah sakit  lapangan Surabaya 12.