Selama Pendemi Covid 19 Stok Darah Menipis, 50 Pegawai dan PPSU Kelurahan Cijantung Ikuti Donor Darah

anggota PPSU dan pegawai ikuti donor darah
anggota PPSU dan pegawai ikuti donor darah

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM :  Sebanyak 50 orang terdiri dari pegawai Kelurahan Cijantung, petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum), dan warga Kelurahan Cijantung mengikuti donor darah di Ruang Aula Kantor Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (15/7/20)

Adapun petugas donor darah dari Unit Transfusi Darah PMI Provinsi DKI Jakarta yang mengerahkan 10 orang personel dalam kegiatan donor darah.

“Kegiatan donor darah ini kita lakukan untuk membantu menambah stok darah yang menipis selama pandemi Covid-19,” kata Lurah Cijantung Haerudin.

Ia berharap, dari kegiatan ini pegawai Kelurahan, PPSU dan warga yang ikuti donor darah mengajak keluarga saudara atau teman untuk ikut melakukan donor darah. Agar warga tak ragu untuk melakukan donor darah, lantaran selain membuat tubuh sehat juga dapat membantu sesama yang membutuhkannya.

Baca:  Puskesmas Pulogadung Adakan Rapid Test Covid-19

“Jangan takut untuk melakukan donor darah selama pandemi Covid-19 karena petugas menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap,”pesannya.

Sementara itu, dr. Bono Suwignyo penanggung jawab Unit Transfusi Darah Provinsi DKI Jakarta, menyebutkan, dari seluruh pendonor yang hadir sebanyak 50 orang bisa mendonorkan darahnya, sementara 11 orang lainnya tidak bisa.

“Mereka memiliki riwayat medis, HB rendah dan HB tinggi serta habis minum obat. Jadi, hari ini tidak bisa mengikuti donor darah,” jelas dr. Bono.

Ia meyakinkan, masyarakat bahwa proses donor darah selama pandemi tetap mengikuti prosdur protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh hingga penggunaan APD lengkap.

“Saya himbau untuk warga yang ingin melakukan donor darah jangan kuatir selama pandemi Covid-19. Seluruh tim sudah menyiapkan prosedur sebelum melakukan donor darah,”katanya.@wn

Baca:  Taufik: Investor Tunggu Kepastian Pilgub DKI Jakarta